- Advertisement -
Culture JapanJapanese News

10 Makanan Paling Unik Dan Ekstrim Yang Ada Di Jepang #1

Info –IDnation, Negara jepang memang terkenal dengan kuliner seafood yang cenderung tanpa bumbu dan disajikan setengah matang bahkan tak jarang masih mentah. Sushi, sashimi, nigiri? Sudah biasa! Berikut ini adalah makanan-makanan khas jepang yang ekstrim dan masih jarang diketahui khalayak ramai. Bayangkan saja, tak hanya ikan yang sudah biasa menjadi menu lazimnya, tapi mulai dari reptil, amfibi hingga serangga. Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama.

1. Frog Sashimi

Makanan ini bernama Frog Sashimi atau Sashimi Katak. Potongan-potongan daging katak yang masih mentah disajikan bersama kepalanya dan kakinya yang masih utuh. Yuck! Proses pembuatannya pun benar-benar di luar akal sehat manusia. Para kokinya pun menunjukkan kemampuan mereka untuk menyajikan katak hidup sebagai santapan. Bahan utamanya merupakan Katak “Bullfrog” dan tak segan-segan katak tersebut dipotong di depan para pelanggan. Penyajiannya yang esktrim akan membuat anda berpikir dua kali untuk memakannya.

Ketika hidangan telah siap, anda akan disuguhi sepiring potongan daging katak “Bullfrog” disertai kepala yang masih utuh beserta keempat kakinya. Tak jarang pun katak tersebut masih mengeluarkan suaranya. Jangan coba-coba berkunjung ke restoran Asadachi yang berlokasi di kota Tokyo kalau anda tak bernyali besar!

2. Es Krim Rasa Ular

Bagaimana reaksi kalian kalau mendengar kata ular? Dijamin bulu kuduk kalian merinding kalau ternyata makanan yang satu ini ada di Jepang! Es krim rasa coklat, vanila, dan stroberi adalah rasa paling umum di seluruh dunia. Rasa ular?! Es krim rasa apa lagi ini??

Es krim dengan rasa tidak lazim ini dijual di minimarket – minimarket yang ada di Jepang. Selain rasa ular, mereka juga menjual rasa sapi, gurita, sampai dengan es krim dengan toping ikan teri. Es krim dengan rasa ular ini adalah rasa yang paling baru dan paling dicari oleh seluruh warga Jepang, terutama pecinta makanan ekstrim. Kalian bisa menemukannya dengan mudah dan cari saja es krim yang bergambar ular di bagian tutupnya. Nggak kebayang rasanya kan? Makan ular yang diubah menjadi es krim? Ngeri banget!

3. Unko Curry atau “Poo Curry”

Pasti kata-kata ini pernah terucap di dalam pikiran kalian kalau mengamati gambar di atas. Yup, nama makanan ini adalah Unko Curry dalam bahasa Jepang yang berarti “Poo Curry“. Pemilik restoran sekaligus koki “Curry Shop Shimizu”, Ken Shimizu memiliki “ide gila” bahwa kari yang ia ciptakan akan menjadi kari pertama yang memiliki tekstur dan rasa yang sama dengan feses manusia. Penyajiannya pun sangat mirip hingga rasanya yang hampir mirip membuat restorannya terkenal dengan menu spesialnya yaitu Unko Curry.

Restorannya yang terletak di Tokyo ini pun didesain seperti di dalam sebuah toilet. Kursinya pun berbentuk toilet asli. Ken Shimizu pun menganggap semua komentar negatif adalah pujian untuknya karena ia berhasil menciptakan makanan paling ekstrim di dunia. Gimana? Masih mau makan?

4. Sanshouo atau Kadal Panggang

Sanshuo adalah makanan yang dibuat dari Salamander atau sejeni kadal dengan ekor panjang dan tubuh yang lebih ramping dari jenis kadal kebanyakan. Pada abad ke 17 dulu, menyajikan salamander berukuran besar adalah hal yang wajar, namun jika dilakukan pada masa sekarang, anda akan dipenjara karena salamander telah ditetapkan sebagai spesies langka.

Namun yang dimasak dan disajikan saat ini adalah salamander dari jenis yang tidak langka, jadi tidak perlu khawatir. Disajikan dengan dipanggang dan diberi saus manis, menurut mereka yang pernah mencoba, rasanya seperti burung, ayam bakar atau penyu.

5. Hachinoko atau Larva lebah

Sepintas terlihat seperti belatung, Hachinoko adalah larva lebah yang cukup terkenal di Cina dan Jepang. Penyajiannya sederhana, dengan bumbu khas teriyaki yang sangat manis, digoreng dengan garam dan merica, atau ditumis dengan mentega dan saus, lalu disantap dengan semangkuk nasi hangat.

Hap! Rasanya sangat lezat, perpaduan gurih dan manis. Meski kelihatan sangat menyeramkan dan tidak menarik, namun jangan salah, makanan ini kaya akan gizi. Rasanya akan lebih lezat jika disajikan bersama sake Nagano.

6. Inago atau Belalang rebus

Pada zaman dahulu, belalang dipercaya memiliki nutrisi yang sangat penting bagi mereka yang sedang diet. Kini, Inago menjadi salah satu makanan ekstrim yang digandrungi di Jepang. Penyajiannya sangatlah sederhana, yakni  belalang rebus (Inago), kecap manis (tsukudani) dan bumbu-bumbu khusus ala Jepang.

That’s it! Jika di beberapa tempat di Indonesia masih dijual belalang goreng dalam kemasan, maka Jepang juga punya olahan makanan dari belalang versi mereka. Yap, Inago no Tsukudani lah namanya. Makanan ini populer di kawasan pedesaan daerah Yamagata dan Gunma. Bagaimana, tertarik untuk menyajikan belalang rebus ala Jepang ini di piring anda?

7. Shirako atau Kantung sperma ikan

Warna merah muda pucat dan bentuk panjangnya, sepintas terlihat mirip dengan usus sapi. Namun tidak, ini bukanlah usus sapi. Makanan merah muda berbentuk panjang dan bertekstur kenyal ini adalah Shirako, yang ternyata adalah alat kelamin ikan jantan disajikan bersama kantung spermanya. Shirako menjadi hidangan yang paling terkenal di pub-pub dan sushi bar di Jepang. Tertarik untuk mencoba?

 

8. Ikizukuri atau Makanan yang disajikan hidup-hidup

Ada beberapa jenis ikizukuri yang disajikan dan dimakan hidup-hidup, antara lain odori ebo yang terbuat dari udang, dari gurita dan beberapa jenis lainnya yang terbuat dari ikan. Hidangan yang satu ini memiliki ciri yang sangat khusus yakni dengan menonjolkan rasa otentik yang segar dan alami.

Disajikan di dengan sepiring nasi yang dilumuri dengan saus ringan dan sayur-sayuran seperti jahe dan rumput laut. Beberapa menganggap makanan ini sangat sadis dan kejam, karena ikan atau jenis hidangan khas ikizukuri lain disajikan dengan kondisi tubuh yang sudah teriris tipis-tipis namun ikan masih dalam kondisi hidup dan masih berjuang untuk bertahan di atas piring saji tersebut.

9. Habushu atau Racun ular beralkohol

“Habushu” memiliki arti “bisa ular” dan memang terlihat persis seperti kemasannya. Ular asli yang dimasukkan ke dalam botol atau gelas kaca ini mengingatkan kita tentang pelajaran biologi dimana gelas-gelas kaca berisi hewan yang dikeraskan dan diawetkan untuk keperluan ilmu pengetahuan. Tapi ini bukan untuk pelajaran, melainkan untuk dimakan. Habushu terdiri dari minuman keras dan tubuh ular yang sudah mati.

Ular yang digunakan pun adalah jenis ular yang berbisa. Meski begitu, hidangan ini tidak berbahaya. Rasanya seperti daging ular bercampur alcohol. Hampir mirip seperti Novocaine dan memiliki efek yang sama di mulut. Tidak perlu khawatir dalam memakannya, karena racun ular tersebut hanya berbahaya jika masuk ke dalam jaringan darah saat ular menggigit, tidak berbahaya jika dimakan dan ditelan.

10. Fugu atau Ikan gembung beracun

Masyarakat Jepang telah menikmati ikan Fugu selama berabad-abad, yang berarti mereka telah menemukan bagaimana cara untuk menaklukan dan memakan ikan beracun ini. Fugu dihidangkan dengan sangat hati-hati karena jika salah olah, makanan ini bisa mematikan bagi mereka yang memakannya. Racun tertrodotoxin yang terkandung dalam hati, ovarium dan kulitnya adalah sumber utama yang membuat ikan ini menjadi beracun.

Hanya chef-chef bersertifikat khusus yang boleh menyajikannya. Hal ini wajar saja, karena jika fugu yang dimakan masih mengandung racun, penikmatnya akan seketika tewas karena syaraf-syaraf ototnya keracunan. Ada beberapa jenis ikan yang bisa dipilih untuk menu ini, yakni Tiger BlowFish (T. Rubrifies), T. Pardalis, T. Vermicularis dan T. Porphyreus. Termasuk dilindungi dengan diterapkannya beberapa aturan memancing demi menjaga populasi ikan Fugu ini. Musim semi adalah waktu yang tepat untuk memancing fugu, namun pada musim gugur dan musim dingin, harga ikan gembung beracun ini akan meroket aliah menjadi lebih mahal dari musim gugur.

 

 

Oke itu tadi 10 Makanan Unik sekaligus Ekstrim dari Jepang, gimana tertarik untuk mencobanya ? Kalau saya pribadi’ pengen nyoba Fugu kali ya, soalnya Fugu termasuk salah satu makanan yang mahal dan pastinya enak.

Sumber:
– en.compathy.net
– gurunavi

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry