- Advertisement -
Game UpdatesLeague of Legends

5 Champion yang Perlu Kalian Awasi pada Awal Season 2018 ini!

IDNation.net– Hallo guys, pada awal tahun 2018 ini pastinya kalian pada tidak sabar untuk menunggu season baru League of Legends pastinya. Yap, sebentar lagi pada tanggal 16 Januari nantinya kalian tidak akan bisa memainkan fitur mode ranked system baik itu ranked solo, team ataupun ranked flex. Semua hasil ranked yang kalian mainkan akan direset kembali menjadi seperti semula dan akan dilihat hasil progress ranked awal kalian nantinya di season baru sampai dimana? Dan pada tanggal 20 Januari mendatang turnamen dari North America League of Legends Championship Series (NA LCS) akan dibuka dengan pertandingan awal yang akan dimulai oleh Team Liquid melawan team TSM.

Dibalik penguhujung akhir season tahun kemarin dan awal season ini, pastinya banyak sekali perubahan dalam game sampai-sampai tak bisa kita hitung udah berapa banyak Riot Games mengubah update baik dari perubahan rune systemrework beberapa hero atau champion, dan nerf atau buff untuk champion-champion lainnya, dan masih banyak lagi. Tentunya dengan banyaknya update tersebut akan berpengaruh terhadap meta baik turnamen profesional ataupun amatir dan juga pola gameplay pastinya juga bakal banyak yang berubah dan update-update tersebut tentunya juga akan berpengaruh pada strategi kemenangan bagi tim kalian. Dan yang paling pentingnya lagi dengan adanya sistem rune, ini akan membuat champion yang terkuat menjadi berganti pola permainannya serta playstyle-nya.

Apalagi dengan banyaknya champion di game LoL (League of Legends)  ini, kita tidak tahu apa saja champion-champion yang terkuat saat ini hingga para top player menunjukkan talenta menggunakan champion andalan mereka untuk menunjukan potensi terbesar mereka dalam memainkan champion tersebut. Dan yang pentingnya sih kita masih bisa menebak champion mana saja yang bisa membawa kalian menuju kemenangan.

Berdasarkan data dari playrate dan winrate, kita masih bisa menganalisis riwayat dari para pro player memainkan champion atau hero mereka pada dua minggu kemarin. Dan kita dapat menebak atau memprediksi lima champion yang akan serius di pick pada turnamen kompetitif nantinya yang akan dimulai pada minggu depan. Mau tau siapa saja yang perlu diwaspadai atau di awasi nantinya di turnamen minggu depan? Yuk kita simak.

 

1) Alistar

Gambar via Riot Games

Setelah patch the death of the Ardent Censer pada patch 7.21, kita dapat mencari tahu siapa saja support champion yang meningkat nantinya dan tidak sulit untuk digunakan. Rune Enchantres dan Shielder yang telah dilemahkan, dan ini salah satu hal yang penting bagi kita untuk mengambil kontrol yang cepat untuk mendapatkan meta dari hero atau champion tersebut yang dimainkan oleh para playmaker atau para pemain professional. Tidak membutuhkan champion yang memiliki absurd scaling seperti Janna, Lulu, Soraka, champion lain seperti Thresh, Rakan, dan Leona seharusnya aman untuk dimainkan saat ini.

Berada di posisi champion yang banyak dimainkan atau posisi atas oleh para playmaker, yaitu Alistar. Tidak membutuhkan waktu yang cukup lama ataupun cukup sulit untuk memainkan champion ini. Tidak heran kenapa Alistar memiliki potensi tertinggi untuk winrate dan playrate jika dibandingkan dengan champion support yang lainnya, berdasarkan status statistik LoL dari situs OP.ggCrowd  Control dari Alistar sangatlah menyulitkan bagi team lawan, dan berterima kasihlah dengan banyak variasi dari sistem rune dan yang terpenting adalah rune untuk reduce cooldown, karena salah satu problem terbesar dia jarang digunakan adalah cooldown skill dia sangatlah besar atau lama. Tidak terkecuali, sinergi dia dengan rune Aftershock dan potensi pasif heal dia mengubah dia menjadi support yang serba bisa. Karena dia dapat menjadi tanker,melakukan  lock down terhadap target, heal, dan dapat menahan serangan damage lain dari musuh.

Untuk season berikutnya yang dimulai minggu depan, saya dapat berekspetasi jika Alistar ini akan banyak di pick.


2) Gangplank

Gambar via Riot Games

Sang Paman bajak laut ini sebelumnya jarang sekali dimainkan dan dijadikan meta untuk para pemain profesional atau para playmaker, tapi untuk saat ini berterima kasihlah berkat rune sistem, dia kembali dimainkan. Terakhir berada di kelas puncak oleh para pemain professional pada tahun 2016, ketika dia banyak dimainkan hampir sekitar 285 game selama setahun, berdasarkan statistik dari situs Mobalystic. Pada tahun 2017, permainan dia menurun dan hanya sekitar 43 game dan saya berharap adanya keajaiban untuk membuat dia menjadi peringkat teratas kembali. Perubahan sistem rune adalah keajaiban bagi sangkat Paman bajak laut ini.

Sekarang, dia berada dimana-mana. Dan dia juga berada di playrate tertinggi sebagai top laner dan banyaknya pemain pro menggunakan champion tersebut. Pemain pro dari team Cloud9 Eric “Licorice” Ritchie serta pemain dari team Liquid Jung “Impact” Eon-yeong mereka berdua telah mematahkan rekor sang kapten bajak laut pecinta jeruk tersebut dalam permainan solo akun mereka di penghujung hari menuju mulainya NA LCS.

Perubahan dadakan pada Gangplank tersebut disebabkan dengan adanya rune Kleptomancy, dimana rune tersebut meningkatkan damage serta menambah pemasukan gold mereka dari random drop, membuat dia semakin kuat di awal atau early permainan. Dikarenakan pada awal permainan sebelumnya dia berada di posisi terlemah, dan dengan adanya pergantian patch tersebut membuat dia berada di posisi yang sangat aman di awal game.


3) Tristana

Gambar via Riot Games

Dari banyaknya ADC yang dimainkan saat ini, Tristana justru jauh sekali dari radar. Tidak seperti Kalista, Vayne, Twitch, dan Kog’Maw, Tristana yang sebagai hyper carry ADC justru jauh dari perhatian. Ini mungkin dikarenakan dia tidak melakukan damage yang tidak begitu besar pada awal permainan, tapi ini tidak menghentikan para pemain pro untuk menggunakan sang little yordle tersebut.

Berterima kasihlah dengan kombo Relic shield dan Overheal, karena dia dapat menahan dia di lane beserta para hyper ADC meta yang lain sehingga dia dapat banyak dimainkan. Pemain pro seperti Zachary “Sneaky” Scuderi dan Cody Sun, dua diantara mereka adalah pemain ADC terhebat di negaranya, mereka hingga spamming hero tersebut selama seminggu kemarin, sepertinya mereka sedang bersiap-siap untuk menggunakannya di turnamen professional minggu depan.

Ada dua penyebab kemungkinan yang memungkinkan ia sering dipakai. Pertama dia tidak menyalurkan damage yang besar seperti Twitch, Kog, dan Vayne tapi dia lebih ke dalam mobilitas atau lebih lincah ketimbang Kog dan Twitch dan dia tidak merasakan penderitaan karena rangenya yang pendek seperti Vayne. Kombinasi skill tersebutlah yang membuat dia survive dan lebih tahan lama dibandingkan 3 hero yang disebutkan dan tidak butuh banyak perjuangan agar dia aman di lanenya. Di dalam ancaman para assasin dan rune Aftershock mereka, keamanan adalah hal yang sangat penting bagi para ADC.

Vayne, bagaimanapun juga, dia selalu terlihat di berbagai permainan, dan mungkin akan menjadi rival yang sangat sebanding jika dibandingkan oleh Tristana sebagai ADC yang sering dimainkan nantinya. Dia dapat menyalurkan banyak damage tanpa menghiraukan defense targetnya tersebut, dan banyaknya heal yang diterima oleh dia kembali yang dia dapatkan dari build Overheal membuat dia semakin sulit untuk dibunuh. Jinx sepertinya akan sangat lama untuk comeback, tapi kita tunggu saja nantinya mungkin saja dia akan dimainkan.


4 ) Taliyah

Gambar via Dwindlekin

Taliyah sebelumnya mendapatkan spot yang fantastis di awal preseason dimulai, dan dia masih melakukannya dengan baik dalam 3 bulan kedepannya bahkan hingga season berikutnya dimulai. Kemampuan terbaik dia yang membuat ia lebih menjadi potensional ditambah dengan adanya rune Sorcery path, hampir sama seperti banyak mage lainnya yang dapat mengontrol pertandingan. Dan juga skill ceiling dari dia membuat dia sangat atraktif dan dipick oleh para pemain pro.

Kita hampir selalu melihat permainan dia pada World Stage di penghujung akhir season tujuh, dan kita hampir tidak pernah melihat permainan dia sedikitpun pada awal season delapan dimulai. Bahkan para pro midlaner yang baru belajar saja pernah memainkan hero tersebut walaupun cuma sedikit, bersamaan dengan Ryze, beberapa player pro pun bermain sebanyak  20 bahkan lebih pernainan dimainkan dengan champion tersebut (Taliyah) pada minggu-minggu sebelumnya. Dia juga mempunyai sedikit kasus lain, karena hampir sama seperti Tristana, performa dia tidak sebagus dengan midlaner hero lainnya didalam ranked hingga dia mempunyai persentasi tertinggi dalam ELO.

Xerath, Malzahar dan Anivia semuanya sudah mendapatkan komando yang cukup baik dalam meta solo queue/ranked pada minggu-minggu kedepannya, tetapi Taliyah tetap menjaga pace dia jaraknya mungkin melangkahi satu atau dua diantara mereka yang mendapat rating winrate di Leaderboard. Namun diantara keempat mage tersebut, Taliyah berkemungkinan yang sering dimainkan di minggu depan.


5 ) Shyvana

Gambar via Riot Games

Hero atau champion terakhir yang di dalam list kita mungkin termasuk yang sedikit aneh, karena dia jarang atau bahkan tidak pernah dimainkan di permain dalam kurun waktu yang sangat lama. Tapi berterima kasihlah dengan Press The Attack rune dan ability Shyvana untuk stack dengan cepat dengan Twin Bite. Dengan damage terbaru dia yang terdapat dalam rune system, membuat dia mampu dibuat menjadi tanker atau heavy damage tergantung team dia dan komposisi team musuh.

Akan menjadi sangat sulit untuk dibayangkan dimana Shyvana dimainkan di turnamen kelas dunia dan dimainkan oleh banyak pemain pro, tentunya karena hampir banyak champion yang dimainkan oleh para pemain pro saat ini berputar kepada very late game scaling dan Shyvana efektif sebagai “tisu basah” hingga game berakhir pada waktu yang tepat. Biasanya, di dalam permainan metanya berakhir sebelum 30 menit, yang berarti dia tidak perlu cemas dengan kelemahannya yang sering dimainkan.

Meskipun begitu, banyak para pemain pro jungler mencoba kemampuan permainan Shyvana hingga akhir waktu turnamen atau liga dimulai. Mike Yeung, Kim “Reignover” Yeu-jin, and Omar “OmarGod” Amin adalah salah satu diantara banyaknya jungler yang memilih ini. Akan sangat menyenangkan jika banyaknya permainan Shyvana di NA LCS minggu depan.

0
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry