- Advertisement -
Esport News

AMD Caster Talent 2018 mencari bakat Caster Esports baru

AMD Caster Talent 2018 mencari bakat Caster Esports baru

Jika kamu ingin menjadi salah satu bagian penting dari Esports dan berkontribusi didalamnya, Shoutcaster merupakan salah satu pilihan yang bagus jika kamu percaya diri dan memiliki skill Public Speaking yang bagus. Jika kamu tidak tahu apa itu Shoutcaster, Shoutcaster adalah istilah untuk komentator dalam pertandingan Esports. Jika dilihat dari role’nya, Shoutcaster terbagi menjadi 2 yaitu Main Shoutcaster atao Co-Shoutcaster. Main bertugas untuk menyebutkan apa saja yang sudah terjadi di dalam pertandingan dan Co yang bertugas menjelaskan detail alur pertandingan dan menganalis’nya. Tidak sedikit juga Shoutcaster disebut Caster di dunia umumnya.

Keseruan AMD Caster Talent 2018 di Supreme League Arena
Keseruan AMD Caster Talent 2018 di Supreme League Arena

Shoutcaster juga sering dianggap sebuah pekerjaan yang bergengsi dan juga bisa dinggap seorang artis di dunia esports karena wajah mereka dapat selalu tampil disetiap event dan livestream. Namun untuk menjadi Shoutcaster tidak semudah yang dibayangkan. Selain kepercayaan diri dan memiliki kemampuan berbicara yang lancar, seorang Shoutcaster harus dilengkapi dengan Pengetahuan yang baik tentang game yang akan dia komentari. Karena jika tidak, seorang Shoutcaster pastinya akan kebingungan dengan apa yang harus dia komentari. Lalu untuk menjadi Shoutcaster tidak langsung mendapatkan bayaran tinggi dan masuk ke event event kelas atas, mereka harus merangkak melalui event kecil dan bahkan tidak memiliki bayaran. Namun bukankah semua karir harus seperti itu ? Dari 0 dan tanpa apa apa.

But di AMD Caster Talent 2018, kamu bisa mengembangkan bakat casting mu hingga ke titik maksimal karena kamu bertanding menunjukkan skill casting terbaikmu melawan caster caster lain di seluruh Indonesia. Dengan total hadiah lebih dari 25 Juta Rupiah, AMD Indonesia menyelenggarakan AMD Caster Talent 2018 sebagai salah satu campaign AMD Esports untuk memajukan Esports Indonesia.  Lebih dari 60 Shoutcaster dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam sayembara kali ini. Setelah 1 bulan lebih dalam tahap seleksi, akhirnya pada tanggal 17 dan 18 Maret 2018 tersisa 8 Caster untuk memperebutkan hadiah uang tunai dan menjadi Shoutcaster DOTA 2 terkenal di Indonesia. Persaingan pun ditayangkan langsung melalui livestream ataupun on site di Supreme League Arena yang berlokasi di Daan Mogot, Jakarta Barat. Dan di hari minggunya, Veronica ‘Velajave’ Fortuna berhasil keluar sebagai juara 1 disusul oleh Captain Rigel dan juga Owljan di posisi kedua dan ketiga.

Lalu dari semua keseruan yang terjadi di Supreme League Arena dan juga AMD Caster Talent 2018, apakah ini sesuai harapan dari AMD sebagai sang penyelenggara acara ? Anes Budiman sebagai perwakilan dari AMD Indonesia pun memberikan respond yang cukup positif terkait hal ini :

Tujuan utama dari AMD eSports Caster Talent 2018 sndiri untuk menemukan bibit bakat caster esports Indonesia khususnya kali ini di game DOTA 2 yg masih amat digemari, dan kami berhasil menemukan beberapa bibit baru dalam acara ini. Event ini Sejalan dengan kampanye global AMD yakni AMD Esports dimana tujuannya untuk mendukung pertumbuhan industri Esports dunia dimana pun tim AMD berada termasuk di Indonesia. Harapan kedepannya sendiri bisa muncul talenta baru dalam dunia caster Esports Indonesia untuk memenuhi kebutuhan di atas baik di dalam maupun luar negeri. Jgn caster luar negeri saja yg kita impor ke luar negeri, tp coba talenta caster kita yg ekspor ke luar untuk mengisi event di sana.

Lalu bagaimana perasaan salah satu judge dari AMD Caster Talent 2018 yaitu Wibi ‘8Ken’ Irbawanto yang hampir sebulan terakhir memantau dan menilai lebih dari 60 caster :

Tujuan dilakukannya AMD Caster Talent, yaitu untuk mencari talent-talent baru, menurut saya cukup sukses dalam melaksanakan tugasnya. Banyak nama-nama yang benar-benar baru bermunculan, ditambah nama-nama Rising Star yang dengan acara itu semoga saja dapat belajar lebih banyak lagi dan menyematkan nama mereka di industri esports. Untuk kedepannya, saya berharap acara ini bisa menjadi pionir untuk acara-acara lainnya yang bisa membantu menopang dan memperkuat infrastruktur industri esports dengan memberikan kesempatan kepada talent-talent baru untuk bisa berkembang dan regenerasi.

Sementara rasa kagum dan syukur pun juga tidak lepas dari Delwyn Michael selaku Owner Supreme League, salah satu Organizer yang menjalankan event AMD Caster Talent 2018 :

Event AMD caster talent adalah ide yg sangat exciting ketika AMD propose acaranya ke saya untuk di jalankan oleh Supreme League. Kami pun sangat bersemangat karena terkadang kita lupa betapa pentingnya seorang caster untuk sebuah acara Esports. Tanpa mereka, nonton terasa garing dan bosenin. Harapan saya ke depan si semoga bakal eventnya barengan bersama dengan tournament yang kita olah sendiri jadi acaranya ga cuman untuk players tapi untuk caster juga. Dan AMD Caster Talent juga berhasil memunculkan nama nama Caster Baru di ranah Epsorts Indonesia.

Para Pemenang AMD Caster Talent 2018

Selain dari para Penyelenggara, Juri dan Staf yang bertugas dalam AMD Caster Talent 2018, respond positif juga datang dari banyak pengunjung yang datang ke Supreme League Arena dan juga para penonton Livestream AMD Caster Talent 2018. Semoga dengan adanya AMD Caster Talent 2018, kedepannya banyak para penggiat Esports yang ingin mencoba dan menjadi seorang Shoutcaster di dunia Esports agar muncul bibit bibit talent baru di dunia Esports

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry