Culture Japan

Mengenali Perbedaan Antara “Ikemen” Dan “Ikedan”?

Mengenali Perbedaan Antara “Ikemen” Dan “Ikedan”?

Jika kalian sudah familiar dengan adegan difilm/drama Jepang, kalian mungkin sering mendengar istilah “ikemen” dan “ikedan.” Jika kalian tidak tahu maksud istilah ini, jangan khawatir! Kita akan bahas dalam artikel kali ini.

Kedua kata Jepang ini digunakan untuk menggambarkan jenis-jenis orang tertentu. “Ikemen” telah menjadi istilah populer untuk beberapa waktu saat ini, sementara “ikedan” baru mendapatkan popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir ini. Keduanya adalah referensi populer yang digunakan untuk laki-laki ideal, meskipun “ikedan” tidak boleh dikenal sebagai yang pertama di luar Jepang.

 

Ikemen

“Ikemen” pada dasarnya mengacu pada metrosekual dan istilah ini sudah seringkali digunakan di Jepang sejak tahun 2000. Kata “Ikemen” berasal dari gabungan dua kata Jepang: “Ikebana” atau “iketeru” dan “menzu.” “Ikebana” atau “iketeru” yang berarti “keren,” “baik”, atau “menarik,” sementara “menzu” adalah istilah dari “laki-laki.” Oleh karena itu, “ikemen” mengacu pada laki-laki yang hot atau tampan. Istilah ini sangat populer dalam budaya pop Jepang sehingga kalian mungkin sudah melihat istilah itu digunakan dalam anime, manga, atau lagu-lagu Jepang.

Gambaran umum dari ikemen adalah seorang pria berpakaian rapi dengan mata yang tajam dan mempunyai karakter yang lembut. Mata bulat dianggap terlalu manis, sementara mata yang tajam membuat seorang pria yang tampak lebih dewasa dan kelihatan cerdas. Ikemen memiliki pergelangan tangan daan jari-jari yang ramping, tetapi tetap jantan dengan suara yang rendah. Mereka juga memiliki kulit pucat dan aura yang misterius. Kebersihan juga merupakan titik kunci utama dari ikemen.

Ikemen, bagaimanapun, tidak boleh dengan bishounen. “Bishounen” mengacu pada laki-laki yang cantik, sementara ikemen lebih maskulin dan tampan (meskipun mereka mungkin masih bisa terlihat feminin di daerah Barat).

 

Ikedan

Sekarang kalian sudah paham apa arti “ikemen” berarti, kalian akan dengan mudah memahami apa arti “ikedan.” Kombinasi dari dua Jepang: “Ikebana” atau “iketeru” dan “danna” yang berarti “suami”, “ikedan” merujuk kepada suami yang hot atau tampan.

Tapi, tidak semuanya merujuk pada ikedan. Lebih dari sekedar seorang suami yang hot, ikedan juga merupakan jenis suami yang akan membantu pekerjaan rumah tangga selain bekerja di luar dan mencari uang. Contoh pekerjaan rumah tangga termasuk bersih-bersih, memasak, mengajak anak-anak bermain bermain di luar, dll. Ikedan pada dasarnya adalah jenis suami yang menyayangi istri dan anaknya.

Tentu saja, ini adalah ciri-ciri yang ditemukan oleh wanita pada pria yang sangat menarik dan seksi! Bertanggung jawab, orang yang peduli dan juga enak dilihat? Yang pasti suami ideal, ya ikedan!

Istilah “ikedan” ini awalnya diciptakan oleh Majalah Wanita Jepang “VERY” yang diterbitkan oleh Kobunsha. Bahkan ada Asosiasi Ikedan Jepang, loh! ==> Japan Ikedan Association (Japanese only)

Meskipun ikedan dianggap pria ideal, ada juga kritik konyol yang mengatakan bahwa menjadi ikedan itu seperti menjadi seorang budak yang tidak memiliki kehidupan di luar, melakukan pekerjaan rumah tangga dan mencari uang.

 

Itu tadi perbedaan antara “Ikemen” dan “Ikedan”. Bagaimana, ladies? Lebih tertarik pada Ikemen, atau Ikedan?

 

Sumber : japaninfo

 

 

Haizer Han
the authorHaizer Han