- Advertisement -
Breaking NewsEsport NewsEventGame PCLeague of LegendsOngoing TournamentTournamentUpcoming Tournament

ASIAN GAMES 2018 akan menghadirkan Esports Exhibition

ASIAN GAMES 2018 akan menghadirkan Esports Exhibition

Setiap 4 tahun sekali, di Benua paling besar di Dunia yaitu Asia ada sebuah pesta bagi para pecinta dan penggemar olahraga yang bernama ASIAN GAMES. ASIAN GAMES adalah sebuah ajang kompetisi olahraga terbesar di ASIA yang memperlombakan 40 Cabang Olahraga dan mempertandingkan lebih dari 40 negara dari seluruh penjuru Asia. Sejarah tentang ASIAN GAMES sangatlah panjang dimulai dari tahun 1951 yang pertama kali diselenggarakan di India. Di tahun 2018 ini adalah kali kesempatan kedua bagi Indonesia menjadi tuan rumah ASIAN GAMES setelah yang pertama yaitu pada tahun 1962.

Berita dan wara wiri tentang ASIAN GAMES yg ke 18 tahun ini sudah dimulai dari 2 tahun yang lalu. INASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee selaku komite resmi yang ditunjuk langsung oleh Pemerintah Indonesia sebagai Penanggung Jawab Festival Olahraga terbesar di Asia ini sudah mempersiapkan semuanya dari tahun tahun sebelumnya. Mulai dari merenovasi banyak fasilitas olahraga yang akan digunakan nantinya saat pertandingan sampai membuat media promosi dijalan jalan dan fasilitas umum lainnya agar semua masyarakat Indonesia tahu tentang ASIAN GAMES 2018.

Maskot Maskot ASIAN GAMES 2018
Maskot Maskot ASIAN GAMES 2018

Namun ada yang berbeda dengan ASIAN GAMES 2018 Tahun ini yaitu dimana adanya sebuah cabang baru yaitu Esports. Yup, kita berbicara tentang Esports yang kita semua tahu merupakan suatu istilah tentang Kompetisi Game. Turnament Esports di ASIAN GAMES 2018 merupakan sebuah exhibition atau yang disebut Demosport. Sebuah uji coba sebelum Esports sepenuhnya menjadi bagian dari ASIAN GAMES 2018. Dan jika ini berhasil, maka Esports akan menjadi satu kesatuan resmi untuk ASIAN GAMES berikutnya yang nantinya akan diadakan di Hangzhou, China pada tahun 2022.

Latar belakang diadakannya Exhibition karena OCA  (Olympic Council Asia) melihat perkembangan Esports yg begitu masif. Exhibition ini sebenarnya bukan yang pertama kali terjadi pada sebuah event olahraga besar, sebelumnya sudah pernah ada di AIMAG 2017, Turkmenistan tahun lalu. Dan berlanjut ke ASIAN Games 2018 tahun ini. Semoga Exhibition ini menjadi sukses dan membuat banyak orang tahu tentang kesuksesan Esports di Indonesia.

  • Prana Adisapoetra, Sekretaris Jenderal IESPA

Lalu game apa saja yang akan dipertandingan di Esports Exhibition tersebut ? Inilah list listnya.

  • Arena of Valor
  • League of Legends
  • Pro Evolution Soccer 2018
  • Clash Royale
  • Hearthstone
  • Starcraft 2

Game game tersebut merupakan hasil pemilihan dan keputusan dari OCA yang berlokasi di China. Dikabarkan bahwa Esports Exhibition nantinya akan dimulai pada minggu minggu terakhir dari jadwal ASIAN GAMES itu sendiri. Lalu bagaimana persiapan teman teman IESPA sebagai pihak yang bekerja sama dengan INASGOC secara langsung dalam menangani Exhibition ini ?

Persiapan kita sudah selesai hingga tahap pembentukan timnas Esports lewat proses seleksi dan kualifikasi. Untuk eventnya sendiri kita sudah persiapkan secara matang untuk segalanya dan siap menjalankan Eksibisi jika waktunya sudah tiba. Sisanya kami harap dukungan yang terbaik dari teman teman sekalian agar teman teman kita dapat mengharumkan nama bangsa di ASIAN GAMES nantinya.

  • Stanley Tjia, Technical Delegate ASIAN GAMES Esports

Lalu siapa saja teman teman yang akan mewakili Merah Putih di ajang Esports Exhibition ASIAN GAMES 2018 nantinya ? Berikut para listnya.

  • Hearthstone :
    Hendry Handisurya – DKI Jakarta
  • Pro Evolution Soccer :
    Rizky Faidan – Jawa Barat
    Setia Widianto – Jawa Barat
  • Arena of Valor :
    Glen Richard Pangalila – Jawa Barat
    Hartawan Muliadi – NTB
    Ilham Bahrul Hadi – Jawa Barat
    Muhammad – DKI Jakarta
    Farhan Akbari H – Jawa Timur
  • League of Legends :
    Malik Abdul Aziz – DKI Jakarta
    Juan Felix – Kalimantan Selatan
    Ruly Sandra Sutanto – DKI Jakarta
    Peter Tjahjadi – Jawa Barat
    Gerry Arisena – Jawa Barat
    Ericko Lim – DKI Jakarta
    Bayu Putera Sentosa – Kepulauan Riau
  • Clash Royale :
    Ridel Yesaya Sumarandak – Sulawesi Utara
  • Starcraft II :
    Nyoman Arie P – Banten

Saya Pribadi sangat tidak sabar menunggu event ini karena dengan adanya Esports Exhibition ini, artinya Esports menjadi lebih kredibel dimata para masyarakat dan semakin bernilai di mata para Brand, Investor dan Sponsor. Kalo kamu sendiri ? Apa pendapatmu dengan masuknya Esports ke ASIAN Games 2018 ?

0
like
1
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry