Culture Japan

Benarkah Jepang adalah Negara yang Jujur dan Aman? Seorang Turis Mencoba Membuktikannya!

Benarkah Jepang adalah Negara yang Jujur dan Aman? Seorang Turis Mencoba Membuktikannya!source: pixabay

IDNation.net – Selain dikenal sebagai negara yang ramah dan sopan, negara Jepang juga dikenal sebagai negara yang sangat aman. Hal tersebut juga didukung dengan bukti yang menyatakan bahwa Jepang termasuk salah satu negara dengan kasus kejahatan terendah di dunia. Telah banyak kisah terdengar tentang orang-orang yang kehilangan dompet mereka kemudian dikembalikan utuh dengan uang tunai masih ada didalamnya.

Fakta diatas membuat seseorang yang tengah berkunjung ke Jepang melakukan tes kecil untuk membuktikannya. Godfrey Chan, seorang pemilik Twitter @chancancode membuktikannya dengan cara sengaja menaruh uang sejumlah ¥ 200 (sekitar $2) di tempat yang sangat terlihat di dalam venue event Ruby Kaigi 2018. Ia pun meninggalkan uang tersebut beberapa saat sebelum kembali untuk memeriksanya.

Apa yang terjadi kemudian? Biasanya jika kalian menaruh uang kalian di tempat umum kemudian meninggalkannya, hanya ada dua kemungkinan; uang tersebut masih ada di tempatnya atau seseorang tak bisa menahan godaan untuk mengambil uang tersebut diam-diam.

Dan kemudian, hasilnya tak terduga! Ketika Godfrey kembali ketempat ia meninggalkan uangnya, entah mengapa uang tersebut malah bertambah menjadi Â¥300! Hasil yang mengejutkan tersebut membuat ia kebingungan apa yang harus dia lakukan dengan uang “pendatang baru” tersebut, sebab sudah pasti itu bukan uang miliknya.

Beberapa pengguna Twitter lainnya mengomentari tweet Godfrey dan beranggapan bahwa mungkin seseorang yang lewat disitu mengira tempat itu adalah kota sumbangan, atau mungkin juga mengira bahwa tempat itu adalah tempat penghormatan spiritual seperti yang biasa kalian lihat di kuil-kuil Jepang.

Apapun itu, Jepang sepertinya telah membuktikan statusnya sebagai negara yang jujur. Tak hanya itu, melihat postingan Godfrey diatas dengan seorang “anonymous” yang juga turut bergabung untuk “menyumbang” membuktikan Jepang sebagai negara dengan orang-orang yang dermawan.

Ri Riee
the authorRi Riee
syndrome with a little paradox