Atalanta B.C.

Atalanta B.C.

Serie A

Atalanta Bergamasca Calcio S.p.A.

Antonio Percassi

Gian Piero Gasperini

Club History

Atalanta Bergamasca Calcio, umumnya dikenal sebagai Atalanta, Atalanta Bergamo, atau Atalanta BC, adalah sebuah klub sepak bola Italia yang berbasis di Bergamo, Lombardy. Mereka bermain di kompetisi Serie A, setelah meraih promosi dari Serie B pada musim 2010–11.

Julukan mereka adalah Nerrazzuri dan Orobici. Atalanta didirikan pada tahun 1907 oleh beberapa pelajar asal Swiss di gym liceo classico. Atalanta bermain dengan mengenakan seragam biru-hitam vertikal, celana pendek hitam dan kaus kaki hitam.

Stadion klub ini adalah Atleti Azzurri d’Italia, sebuah stadion berkapasitas 21.300 tempat duduk.

Di Italia, Atalanta sering disebut dengan nama Regina delle provinciali (ratu klub provinsi) karena fakta bahwa mereka adalah klub yang paling konsisten di antara klub-klub yang tidak bermarkas di ibu kota wilayah. Mereka bermain 58 kali di Serie A, 28 kali di Serie B, dan hanya sekali di Serie C.

Atalanta menjuarai Piala Italia pada tahun 1963, dan mencapai babak semi final Piala Winners musim 1987–88, saat mereka masih berkompetisi di Serie B. Pencapaian ini masih merupakan yang terbaik dari sebuah klub yang tidak berlaga di kompetisi teratas kompetisi UEFA (bersama Cardiff City). Atalanta juga berpartisipasi dalam 4 musim Liga Europa (sebelumnya dikenal dengan nama Piala UEFA), mencapai perempat final pada musim 1990–91.

Klub ini berhasil lolos ke Liga Champions musim 2019–2020, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub, setelah mereka berhasil menempati posisi ketiga pada kompetisi Serie A musim 2018–19. Ini merupakan posisi tertinggi yang berhasil dicapai Atalanta di liga domestik sepanjang sejarah klub.