Genoa C.F.C.

Genoa C.F.C.

Serie A

Genoa Cricket and Football Club S.p.A.

Genoa C.F.C.

Enrico Preziosi

Aurelio Andreazzoli

Club History

Genoa Cricket and Football Club, biasa disebut Genoa adalah klub sepak bola profesional Italia yang berbasis di Genoa, Liguria. Didirikan pada 7 September 1893, itu adalah tim sepak bola tertua keempat di Italia (setelah Torino F.C.C., Nobili Torino dan Internazionale Torino), dan tim sepak bola Italia aktif tertua, dengan aktivitas lebih dari 125 tahun.

Selama sejarah panjang mereka, Genoa telah memenangkan Kejuaraan Italia sembilan kali. Judul pertama Genoa datang di kejuaraan perdana pada tahun 1898 dan yang terbaru adalah pada tahun 1923–24. Mereka juga pernah memenangkan Coppa Italia sekali. Secara historis, Genoa adalah klub Italia paling sukses keempat dalam hal kejuaraan yang dimenangkan.

Pembantaian kesuksesan awal ini mungkin terletak pada asal-usul cinta yang diucapkan untuk tim oleh ayah baptis jurnalis olahraga Italia Gianni Brera (1919–1992), yang, meskipun dilahirkan di tempat yang dekat dengan Genoa, selalu menyatakan dirinya sebagai pendukung tim. Brera bahkan menciptakan julukan Vecchio Balordo (Old Fool atau Cranky Old One) untuk Genoa.

Klub ini telah memainkan pertandingan kandangnya di Stadio Luigi Ferraris yang berkapasitas 36.536 sejak 1911. Sejak 1946, tanah tersebut telah dibagi dengan rival lokal Sampdoria. Genoa telah menghabiskan sebagian besar sejarah pascaperangnya naik dan turun antara Serie A dan Serie B, dengan dua mantra singkat di Serie C.