Juventus

Juventus

Serie A

Juventus Football Club S.p.A

Juventus

Chairman

Andrea Agnelli

Headcoach

Maurizio Sarri

Club History

Juventus Football Club S.p.A. , biasa disebut sebagai Juventus dan populer dengan nama Juve . Juventus adalah klub sepak bola profesional asal Italia yang berbasis di Turin, Piemonte. Klub ini didirikan pada tahun 1897 dengan nama Sport Club Juventus oleh sekelompok pelajar muda di kota Turin, yang dipimpin oleh Eugenio Canfari dan saudaranya Enrico. Mereka mengenakan kaos berwarna hitam putih sebagai seragam kandang sejak tahun 1903, dan menggunakan beberapa stadion berbeda di sekitar kota Turin untuk memainkan partai kandang.

Sejak bulan September 2011, mereka berkandang di Juventus Stadium yang berkapasitas 41.507 tempat duduk. Stadion tersebut dibangun di lokasi yang sama dengan stadion yang mereka gunakan sebelumnya, yaitu Stadion Delle Alpi, yang harus dirobohkan demi membangun Juventus Stadium.

Juventus adalah klub tertua kedua di Italia, setelah Genoa yang mendirikan klub sepak bola pada tahun 1893. Mereka tampil untuk pertama kalinya di liga divisi teratas Italia sejak tahun 1900, setelah berganti nama menjadi Football Club Juventus. Mereka terus berada di kompetisi tertinggi tersebut (yang menggunakan nama Serie A sejak tahun 1929), kecuali pada musim 2006–07.

Dijuluki Vecchia Signora (“Nyonya Tua”), Juventus adalah klub tersukses di Italia, dan salah satu yang paling sukses di dunia. Mereka telah memenangkan 35 gelar juara liga, 13 gelar Coppa Italia, dan 8 gelar Supercoppa Italiana, serta menjadi pemegang gelar terbanyak untuk ketiga kompetisi tersebut. Selain itu, mereka juga telah berhasil meraih 2 gelar Piala Interkontinental, 2 gelar Liga Champions, 1 gelar Piala Winners, 3 gelar Piala UEFA (rekor nasional untuk klub Italia), 1 gelar Piala Intertoto, dan 2 gelar Piala Super Eropa.

Para pemain Juventus telah meraih delapan penghargaan Ballon d’Or, empat di antaranya terjadi pada tahun yang berurutan (1982-1985) dan menjadi rekor hingga saat ini. Nama-nama tersebut pun termasuk dalam deretan pemain pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut untuk Serie A, seperti Omar Sívori dan Michel Platini. Selain itu, juga ada nama tiga dari lima pemain Italia yang pernah meraih trofi tersebut, seperti Paolo Rossi. Juventus juga berhasil mendapatkan empat penghargaan FIFA World Player of the Year (terbanyak di Italia), dengan pemain seperti Roberto Baggio dan Zinédine Zidane.

Selain itu, para pemain Juventus juga berhasil memenangkan 10 penghargaan Serie A Footballer of the Year, termasuk untuk satu-satunya penjaga gawang yang berhasil meraih trofi tersebut, yaitu Gianluigi Buffon. Mereka pun menyumbang 15 pemain berbeda dalam daftar Serie A Team of the Year, yang juga merupakan jumlah terbanyak dibanding klub Italia yang lain.