Parma Calcio

Parma Calcio

Serie A

Parma Calcio 1913 S.r.l.

Parma Calcio 1913

Pietro Pizzarotti

Roberto D'Aversa

Club History

Parma Calcio 1913 (dahulu bernama Parma Associazione Calcio, Parma A.C. dan Parma Football Club, Parma F.C.) adalah sebuah klub sepak bola Italia yang bermarkas di Parma, Emilia-Romagna. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion Ennio Tardini yang berkapasitas 27.650 penonton. Seragam mereka adalah biru-kuning, sehingga mereka dijuluki Gialloblu (biru-kuning).

Didirikan pada tahun 1913 dengan nama Verdi FC, klub ini kemudian berganti nama menjadi Parma FC pada akhir tahun tersebut. Hingga tahun 1980-an Parma hanya bermain di Serie B dan Serie C dan bahkan pernah menjadi tim semi-profesional.

Pada tahun 1990 untuk pertama kalinya Parma masuk Serie A di bawah asuhan Nevio Scala. Di bawah Scala, Parma menjadi tim kuat dan merebut gelar Piala UEFA (94/95), Piala Winners (92/93), Piala Super Eropa (93), serta Piala Italia (91/92). Beberapa pemain mereka pada tahun 1990-an termasuk Fabio Cannavaro, Gianfranco Zola, Faustino Asprilla, Dino Baggio, Hernan Crespo, Enrico Chiesa, dan Diego Fuser.

Tahun 2005 setelah mengalami masalah keuangan, klub ini diumumkan telah dibeli oleh Lorenzo Sanz dan berganti nama menjadi Parma Football Club, namun pembelian ini tidak pernah diselesaikan sehingga hingga kini Parma masih di bawah kepengurusan sementara.

Musim 2014-2015 menjadi musim yang berat bagi Parma, mereka berada didasar klasemen Serie A dan berada diambang ke bangkrutan. Beberapa pemain andalan mereka pun terpaksa di jual akibat tak mampu untuk membayar gaji.

Pada tahun 2015 Parma Klub menyatakan bangkrut dan di bentuk kembali dan berlaga di Serie D. Dalam waktu tiga tahun Parma Calcio berturut-turut berhasil promosi dan kembali ke Serie A pada tahun 2018.