U.C. Sampdoria

U.C. Sampdoria

Serie A

Unione Calcio Sampdoria S.p.A.

U.C. Sampdoria

Massimo Ferrero

Club History

Unione Calcio Sampdoria, yang biasa disebut sebagai Sampdoria adalah klub sepakbola profesional Italia yang berbasis di Genoa, Liguria.

Klub ini dibentuk pada tahun 1946 dari penggabungan dua klub olahraga yang ada yang akarnya dapat ditelusuri kembali ke tahun 1890-an, Sampierdarenese dan Andrea Doria.

Baik nama tim dan jersey mencerminkan hal ini, yang pertama merupakan kombinasi dari nama-nama sebelumnya, yang kedua menggabungkan warna-warna mantan tim (biru-putih dan putih-merah-hitam) dalam satu desain. Warna tim biru dengan lingkaran putih, merah dan hitam, maka julukan Blucerchiati (“lingkaran biru”). Sampdoria bermain di Stadio Luigi Ferraris, kapasitas 36.536, yang dibagikannya dengan klub Genoa lainnya, Genoa Cricket and Football Club. Derby antara kedua tim umumnya dikenal sebagai Derby della Lanterna.

Sampdoria telah memenangkan Scudetto sekali dalam sejarah mereka, pada tahun 1991. Klub ini juga telah memenangkan Coppa Italia empat kali, pada tahun 1985, 1988, 1989 dan 1994, dan Supercoppa Italiana satu kali, pada tahun 1991. Keberhasilan terbesar Eropa mereka datang ketika mereka menang Piala Winners ‘Cup pada tahun 1990. Mereka juga mencapai final Piala Eropa pada tahun 1992, kehilangan final 1-0 ke Barcelona setelah perpanjangan waktu.