- Advertisement -
AnimangaOtaku Area

Yuk, Lihat Makna di Balik Opening Terbaru Darling in the Franxx!

Sebuah analisis singkat dari opening baru DitF

Yuk, Lihat Makna di Balik Opening Terbaru Darling in the Franxx!

IDNation.net – Apakah kalian sudah menonton episode terbaru dari Darling in  the Franxx? Jika iya, tentu kalian menyadari bahwa anime ini mendapatkan scene opening yang benar-benar baru. Melihat opening baru tersebut, para penonton serial ini pun mulai berpikir apakah ada foreshadowing yang menceritakan akhir dari kisah tentang 02 dan kawan-kawan. Bermulai dari pemikiran tersebut, penulis ingin mencoba menganalisis makna yang tersirat dalam opening baru ini sendiri dan membagikannya kepada kalian para pembaca.

Well, enough with the sweet talk. Let’s get it started.

Pertama-tama, mari kita tonton dahulu opening yang baru ini.

Walau sekilas menggunakan lagu yang sama dengan animasi baru, namun ternyata ada bagian lirik yang berbeda lho.

Lirik yang baru:

I want to taste you …does that make me weird?
It’s something we’re unable to feel all alone.

Embracing one another will keep our wounds sealed,
So I’ll seal your breath with my lips.
Will your lips taste the kiss of death?

Darling, what is this melting feeling I feel
From the beating of my heart to the tips of my fingers? Hey…
Come over here beside me. My restraint crumbles.
So don’t fear me, just kiss me now, my love!

 So, what will happen now?

Entah ini cuma perasaan saja atau bukan, tetapi lirik diatas rasanya sangat kental dengan “kematian” atau “kehilangan”. Pada opening baru ini kita dapat melihat “laut” sebagai setting utamanya, dimana laut dapat menggambarkan kematian atau bahkan awal mula dari kehidupan (masih ingat The End of Evangelion?). Maka dari itu, ada kemungkinan bahwa laut dalam opening ini akan mengindikasikan konsep rebirth dalam dunia Darling in the Franxx. Law of equivalent exchange, seandainya konsep rebirth ini benar-benar digunakan, apakah yang menjadi harga yang sesuai untuk membangun kembali dunia yang sudah hancur? Rasanya cuma ada satu hal saja yang cocok, yaitu kehidupan miliknya sendiri (ditambah lagi lautnya bewarna merah).

 

I like 02, she’s not gonna be Thanos-ed right?

Ahahaha, of course pal, of course… in your dream.

Cuma setengah bercanda, tidak usah dianggap terlalu serius. Kenapa hanya setengah? Lihat saja opening baru itu.

Lenyapnya 02 di dalam pelukan Hiro ini rasanya susah sekali untuk disangkal kalau bukan dead flag. Tidak sedikit para fans yang terkejut dengan adegan ini, bahkan ada yang bilang kalau adegan ini membuat mereka teringat pada anime Gurren Lagann. Apabila kita hubungkan dengan konsep rebirth yang sebelumnya, apakah 02 akan lenyap sebagai “harga” untuk dunia yang baru? Belum tentu, tetapi besar kemungkinan iya, dan tentunya bukan hanya 02 saja.

Pada detik-detik awal, kita dapat melihat 02 dengan satu sayap yang menempel di punggungnya. Burung yang bersayap satu tidak akan bisa terbang, dan burung yang tidak bisa terbang akan mati di atas tanah. Agar burung tersebut bisa terbang, mereka harus menemukan satu lagi sayap pasangannya dan terbang bersama-sama, inilah yang menjadi konsep dasar parasite. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, apakah 02 bisa membangun kembali dunia mereka secara sendirian? Besar kemungkinan tidak, sehingga, akan ada satu lagi karakter yang akan lenyap dengan 02, yaitu Hiro.

 

Okay, how about other characters?

Tidak terlalu banyak yang bisa disimpulkan rasanya mengenai hal ini dikarenakan opening ini sendiri nampaknya lebih fokus terhadap 02 dan Hiro. Tetapi tidak lupa juga, ada beberapa bagian yang rasanya cukup mengganggu. Ada saat dimana siluet dimana Hiro dan teman-temannya berlari, tetapi tidak ditemukan siluet milik 02. Pada adegan selanjutnya, Ichigo dan teman-temannya (kecuali Hiro) menjulurkan tangan ke atas dan 02 muncul dan mencium Hiro. Penjuluran tangan sangatlah identik dengan meminta pertolongan, dengan kata lain, apakah nanti ada saatnya ketika Ichigo dan teman-temannya berada dalam kondisi yang berbahaya? Who knows?

 

Then, who’s the blue person in the front of Strelizia?

Dunno, Ratu Klaxosaurs? 001? 02 sister? atau malah 02 alter ego?

Kalau melihat kemiripan dengan 02 rasanya wajar saja banyak yang berpikiran demikian, tetapi ada satu hal lagi yang lebih dekat, yaitu Strelizia itu sendiri. Masih belum diketahui sejauh ini Franxx terbuat dari apa, hanya dikatakan Franxx adalah robot khusus yang dibuat untuk melawan Klaxosaurs. Bagaimana jika ternyata Franxx sendiri dibuat dengan menggunakan Klaxosaurs? Dan yang berdiri di depan Strelizia itu adalah Klaxosaurs  yang digunakan ketika membuat Strelizia (lihat tanduknya). Dengan teori seperti itu, nampaknya sudah cukup logis untuk menjawab pertanyaan mengapa tanduk dan taring 02 tetap tumbuh ketika ia mengendarai Strelizia, walaupun dirinya sudah memakai limiter.

Walaupun terdengar serius, ini hanyalah sebuah kemungkinan yang dapat terjadi ataupun tidak. Opening anime memang banyak dikenal sebagai gambaran dari cerita dari anime itu sendiri. Tetapi bukan berarti semua anime demikian, contohnya saja seperti Eureka Seven, dimana jalan ceritanya tidaklah sama seperti openingnya. 

Menurut kalian bagaimana?

4
like
4
love
5
haha
10
wow
29
sad
3
angry
Yahya Pambudhi
the authorYahya Pambudhi
Ordinary Anon