- Advertisement -
AnimangaOtaku Area

Drama “Sachiiro no One Room” Menuai Konflik di Dunia Nyata

Drama “Sachiiro no One Room” Menuai Konflik di Dunia Nyata

IDNation.net – Kalau sebelumnya berita tentang serial anime Nidoume no Jinsei wo Isekai de telah menjadi sorotan utama akibat konfliknya di dunia nyata, kali ini giliran drama Sachiiro no One Room yang harus mengalami masalah serupa.

Drama live action adaptasi komik karangan Hakuri ini ditolak untuk ditayangkan oleh Asahi TV di wilayah Kanto. Alasan penolakan tersebut adalah adanya kritik yang mengatakan kalau cerita dari drama ini akan memberikan pandangan positif terhadap tindakan kriminal berupa penculikan.

Komik ini bercerita tentang seorang laki-laki yang menculik seorang gadis berumur 14 tahun. Walaupun terlihat seperti tindakan kriminal, tetapi kenyataannya gadis tersebut sedang melarikan diri dari rumahnya dan bersembunyi di apertemen milik stalkernya, yang sekaligus berperan sebagai sang penculik. Tidak seperti penculikan biasa, sang gadis tersebut merasa senang akan situasi yang ia alami dan bahkan melamar sang penculiknya. Atas perasaan mereka yang saling menyukai satu sama lain, mereka pun membuat perjanjian dimana jika mereka tertangkap, maka mereka berdua akan membunuh diri mereka sendiri.

Pada bulan Maret 2016, ada sebuah kasus penculikan pada kota Asaka. Rumor mulai muncul, mengatakan bahwa komik yang diupload di twitter oleh Hakuri semenjak September 2016 tersebut terinspirasi atas kejadian tersebut. Menurut mereka, apabila live action ini akan ditayangkan di televisi, maka akan sangat tidak sopan terhadap para korban yang sebenarnya.

Pihak Asahi TV mengabarkan kalau mereka akan membatalkan penayangan drama itu sambil melakukan investigasi akan masalah tersebut. Sebaliknya, Osaka ABC yang memproduksi drama tersebut mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak percaya dengan rumor tersebut, sehingga drama ini masih akan tayang di channel ABC pada daerah Kansai tanggal 8 Juli nanti.

Komik ini sendiri sudah diserialisasi di Square Enix dan majalah komik online, Gangan pixivSquare Enix sendiri berencana untuk merilis volume kelima dari komik ini pada musim gugur nanti. Serial komik ini juga berhasil mendapatkan posisi ketiga di pixiv.

Walaupun kasus ini telihat lebih ringan dibandingkan dengan kasus pada serial Nidoume Jinsei, namun kenyataannya drama ini sudah ditolak dengan berbasiskan rumor. Masih belum jelas apakah sebenarnya penolakan ini sendiri adalah pengaruh tidak langsung dari kasus Nidoume Jinsei atau bukan, karena pastinya ini bukan satu-satunya judul yang menggunakan tragedi di dunia nyata sebagai inspirasi atas jalan ceritanya. Menurut kalian sendiri bagaimana? Seandainya memang rumor tersebut benar, apakah memang drama ini patut untuk tidak ditayangkan?

 

Source: Anime News Network

1
like
8
love
1
haha
0
wow
2
sad
2
angry
Yahya Pambudhi
the authorYahya Pambudhi
Ordinary Anon