- Advertisement -
AnimangaOtaku Area

Hajime Isayama Mengungkapkan Cerita di Balik Terciptanya Attack on Titan

Hajime Isayama Mengungkapkan Cerita di Balik Terciptanya Attack on Titan

IDNation.net – Siapa yang tak mengetahui Attack on Titan? Serial karya Hajime Isayama ini menjadi salah satu anime/manga terpopuler belakangan ini. Tidak hanya di Jepang, seri tersebut juga populer di berbagai belahan dunia dengan penggemar mulai dari selebriti hingga orang-orang biasa. Dibalik suksesnya serial Hajime Isayama tersebut tentu ada hal yang menginspirasinya sehingga dapat menghasilkan ide cerita yang benar-benar “out of the box” dari anime-anime lainnya. Penasaran apa hal tersebut?

Dalam wawancaranya dengan NHK, Isayama menceritakan bahwa dia tumbuh dalam lingkugan kehidupan pedesaan di Hita, Prefektur Oita. Hal tersebut membuatnya merasa bahwa hidupnya terputus dari peradaban luar. Bagaimana tidak, Hita adalah sebuah pedesaan dengan gunung-gunung tinggi yang menjulang di sekitarnya. Hal tersebut membuat Isayama berimajinasi bahwa gunung-gunung tersebut ialah “dinding”. Ketika ia tumbuh dewasa, ia berimajinasi bahwa mungkin saja ada monster di luar “dinding” itu. Dia juga mengakui bahwa dia merasa ambivalen tentang kampung halamannya. Hal itu membuatnya menjadi gelisah saat remaja dan akhirnyta membuat ia meninggalkan keinginannya untuk mengubah dirinya sendiri.

“Saya jarang didorong oleh ambisi. Saya memiliki perasaan rendah diri, semacam frustasi”

Berawal dari rasa frustasi yang tidak jelas tersebut, ia memutuskan untuk menyalurkan perasaan itu untuk membuat Attack on Titan.

Dua tema utama dalam seri milik Isayama itu adalah “penindasan” dan “pembebasan”. Di luar dari itu, Isayama berkata bahwa ia tidak memiliki hal-hal lain yang ingin dia sampaikan melalui Attack on Titan. Sebaliknya, ia hanya ingin mengekspresikan kemarahan para korban tragedi dan memperlihatkan bagaimana hal tersebut dapat mendorong orang untuk melakukan sebuah perlawanan. Sedangkan Titan dalam cerita tersebut mewakili hal-hal yang dapat membuat seseorang frustasi.

Para Titan kerapkali berkeliaran tanpa tujuan, membuat kerusuhan, dan menciptakan rasa frustasi yang dahsyat. Isayama berkata bahwa para Titan tersebut seperti orang mabuk, meskipun dia menekankan bahwa orang mabuk hanya “kehilangan kesadaran” dan belum tentu orang jahat.

 

Jika rasa frustasi dan perasaan tidak berdaya yang membuat Isayama meninggalkan kampung halamannya, tentu kini ia telah dapat pulang kembali bersama dengan pencapaiannya yang spektakuler. Isiyama secara pribadi telah menghadiri banyak Meet & Greet bersama para penggemar Attack on Titan. Isayama mengatakan bahwa Hita kini terasa seperti tempat yang bisa dia datangi kapan saja.

Pada akhir wawancaranya bersama NHK, Isayama berjanji bahwa ketika manga Attack on Titan mendekati puncaknya, dia akan bekerja keras untuk memberikan resolusi yang lebih baik. Dia juga berkata bahwa dia sangat menantikan musim ketiga anime Attack on Titan, yang akan tayang perdana pada bulan Juli mendatang. Dia berharap semoga popularitas anime tersebut akan mendapatkan perhatian lebih pada Hita.

 

source : ANN

0
like
1
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry
Ri Riee
the authorRi Riee
syndrome with a little paradox