- Advertisement -
AnimangaOtaku Area

Inilah Sepuluh Manga Isekai Populer Rekomendasi Anime Terbaik

Inilah Sepuluh Manga Isekai Populer Rekomendasi Anime Terbaik

IDNation.net – Istilah “isekai” menjadi sebuah kata yang tak asing di telinga kita beberapa tahun belakangan. Apa sih “isekai” itu? Isekai secara harfiah bermakna adalah dunia lain, dunia paralel. Biasanya di dalam novel, dunia Isekai digambarkan belum memiliki teknologi modern atau masih di zaman abad pertengahan. Namun, di dalam dunia Isekai sendiri biasanya terdapat hal-hal aneh yang tak lazim ditemui di dunia kita. Sebagai contoh ada banyak berbagai ras makhluk yang hidup di sana: manusia, demon, elf, dwarf, goblin, naga dan berbagai jenis mahluk hidup fantasi lainnya.

Entah seri apa yang mengawali tren ini, tapi genre isekai dewasa ini mulai banyak diterjemahkan ke banyak bahasa dan sebagian besar berasal dari website “Shousetsuka ni narou!“. Situs yang sering disingkat “shousetsu/syosetu” ini memang terkenal sebagai sumber dari berbagai novel terkenal yang karakter utamanya mendapat “kehidupan kedua” di dunia lain. Popularitas yang dimiliki itu lantas membuatnya menjadi “lahan basah” bagi para penerbit yang membutuhkan cerita menjual dengan cara yang mudah dan murah.

Banyak webnovel isekai yang diambil penerbit mainstream, direvisi atau bahkan ditulis ulang untuk memenuhi standar kualitas perusahaan sebelum akhirnya dirilis ke pasar. Berbagai judul “trendsetter” dari berbagai trope genre isekai seringkali akan laris terjual dan seringkali mereka akan diadaptasi ke berbagai media lain: manga dan anime.

Dari berbagai judul yang kini beredar di pasaran, IDNation sudah mengumpulkan sepuluh judul manga isekai populer yang layak untuk kalian coba. Penasaran dengan pilihan kami? Langsung saja lihat daftar di bawah ini!

 

10. GATE: Jieitai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeindo, animasi di indonesia

Author: Yanai Takumi
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Military
Status: Ongoing

GATE: Jieitai Kano Chi nite, Kaku Tatakaeri atau bisa disingkat GATE diawali dengan munculnya sebuah gerbang misterius di Tokyo yang terhubung dengan dunia lain yang berbau fantasi. Pemerintah Jepang lalu mengirim beberapa pasukan JSDF untuk menjalin hubungan dengan para penghuni dunia di balik gerbang. Berawal dari penyelamatan heroik yang dilakukannya saat “Gate” pertama kali muncul, Itami Yoji terpilih sebagi salah satu orang yang dikirim ke dunia lain untuk menjalankan misi perdamaian tersebut.

Memiliki atmosfer militer yang cukup kental, GATE akan memperlihatkan kepada kita bagaimana aksi dari pasukan keamanan yang dimiliki Jepang dalam sebuah pertempuran. Sepanjang cerita, kita akan dibawa ke berbagai skenario ketika kekuatan militer modern menyapu bersih kekuatan militer abad pertengahan dan bagaimana kekuatan sains digunakan dalam dunia fantasi. Lebih cenderung ke arah penggunaan politik dan taktik realistik, GATE merupakan cerita isekai yang terasa berbeda dibandingkan judul-judul lain di luar sana.

 

9. Tsuki ga Michibiku Isekai Dochuu
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Author: Azumi Kei
Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Harem, Romance, Shounen
Status: Ongoing

Misumi Makoto hanyalah seorang siswa SMA biasa yang dikirim Dewa Tsukuyomi untuk menjadi pahlawan di dunia lain. Sayangnya, Dewi penguasa dunia tempat dia dikirim tidak suka dengan penampilan dari Makoto. Makoto pun dibuang Dewi tersebut ke ujung dunia, sendirian dan tanpa bekal kekuatan dan pengetahuan. Tsukuyomi yang kasihan pada Makoto memberikan sebagian kekuatannya, mengizinkan anak manusia ini untuk mencari jalan hidupnya di dunia baru.

Karakter utama dengan kekuatan overpowered tapi naif, punya harem gadis cantik yang kuat tanpa tandingan, untaian takdir seakan terus mendukungnya menjadi “orang baik”. Ada begitu banyak cliche dari genre isekai yang dapat ditemukan di seri yang satu ini, lalu apa yang membuatnya menarik untuk diikuti? Secara pribadi, Tsuki ga Michibiku dapat dibilang menarik bukan karena alur ceritanya yang wow, tapi bagaimana cerita itu dibawakan. Karakter utama memang overpowered, tapi kekuatan itu justru malah membawa lebih banyak masalah ketimbang manfaat. Perkembangan karakter Makoto dan berbagai karakter selama cerita berlangsung juga menarik untuk diikuti. Dengan kaburnya batas antara baik dan buruk, bisa jadi orang yang kalian anggap baik hanyalah “serigala berbulu domba” yang kapanpun bisa menusuk karakter utama dari belakang.

 

8. The New Gate
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Author: Kazanami Shinogi
Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Romance, Shounen
Status: Ongoing

“The New Gate” adalah sebuah game online yang menjebak ribuan pemainnya di dalam sebuah game mematikan yang mengharuskan mereka mengalahkan bos terakhir sebelum bisa keluar. Namun berkat usaha dari Shin, salah satu pemain terkuat, The New Gate berhasil diselesaikan, melepaskan semua pemain yang masih hidup kembali ke dunia nyata. Naas, Shin yang menjadi pahlawan di hari itu terbungkus oleh sebuah cahaya aneh, mengirimnya 500 tahun ke masa depan dari dunia “The New Gate” dan dia kini tak bisa keluar.

Merasa familiar dengan premisnya? Membuat para pemain terjebak dalam sebuah game dan player yang mati dalam game tidak akan bisa kembali ke dunia nyata terdengar sama seperti Sword Art Online. Untung saja, The New Gate menggunakan plot itu untuk pengantar ceritanya, bukan sebagai plot utama. Cerita akan berpusat lebih banyak pada eksplorasi dunia pasca “kepergian” para player dan misteri “cahaya misterius” yang membuat Shin terlempar ke masa depan. Melihat pertemuan kembali antara Shin dan berbagai karakter dari 500 tahun lalu menjadi hal menarik untuk dinantikan, membuat kita semakin bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi.

 

7. Hiraheishi wa Kako o Yumemiru
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Author: Suzuki Izo
Genre: Drama, Fantasy, Supranatural, Shounen
Status: Ongoing

Ketika Bangsa Iblis yang dipimpin oleh Raja Iblis muncul dan memulai perang besar-besaran pada manusia, semua harapan seakan hilang hingga akhirnya muncul seorang pahlawan yang melawan Raja Iblis dengan gagah berani. John Serieux hanyalah seorang prajurit biasa dan sialnya terbunuh tepat ketika Raja Iblis dikalahkan. Entah apa yang terjadi, tapi prajurit tersebut kembali ke masa lalu saat dia masih bayi dengan seluruh ingatannya tetap utuh. Bertekad untuk menghindari untaian tragedi yang akan menimpa, Joh bertekad untuk memperkuat dirinya seefisien mungkin, menyiapkan dirinya untuk menghadapi serangan dari para bangsa iblis yang akan segera datang.

 

 

6. Kumo Desu ga, Nani ka?
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Author: Baba Okina
Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Isekai, Seinen
Status: Ongoing

Ada sebuah dunia di mana sosok pahlawan dan raja iblis selalu bertempur satu sama lain. Sihir besar yang timbul dari pertarungan mereka melintasi dunia, meledakkan sebuah kelas di sebuah SMA beserta orang-orang di dalamnya. Orang-orang yang mati akibat ledakan tersebut bereinkarnasi ke dunia lain, termasuk tokoh utama kita, seorang murid pendiam dan tidak menonjol di kelasnya. Namun siapa sangka, dia malah direinkarnasi menjadi seekor laba-laba! Menghadapi kenyataan pahit ini, si tokoh utama mencoba melakukan segalanya agar bisa terus hidup di dunia barunya.

Kumo Desu ga, Nani ka bisa dibilang adalah salah satu cerita isekai yang unik dari berbagai judul sejenis di luar sana. Karakter OP? Reinkarnasi jadi manusia berbakat? itu hal yang tak akan kalian temukan di sini. Karakter utama hanyalah seekor laba-laba lemah yang harus menghadapi ancaman kematian sesaat setelah lahir. Layaknya cerita-cerita isekai lain, “Kumoko“, sebutan para pembaca untuk laba-laba tak bernama ini, akan mencari cara untuk membuat dirinya lebih kuat demi bisa bertahan hidup. Perjalan yang ditempuh dan monolog dari Kumoko itu sendiri bisa dibilang menjadi nilai jual terbesar dari seri satu ini. Lelucon yang dilemparkan seringkali cerdas dan membuat kita sejenak melupakan tentang ancaman kematian yang selalu mengintai karakter utama kita. Uwa, nai waa….

 

5. Gaikotsu Kishi-sama Tadaima
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Mangaka: Hakari Enki (Story)
Genre: Action, Fantasy
Status: Ongoing

Tokoh utama yang tertidur saat bermain game dan saat bangun menyadari dirinya ada di dunia lain sebagai karakter game yang dia mainkan. Gawatnya, karakter tersebut menggunakan skin “skeleton” yang tak bisa dilepas dan saat ini hanya memiliki sepasang zirah dan senjata di tangannya. Berkat “kutukan” itu, tokoh utama tentu saja tidak ingin menarik banyak perhatian yang bisa membahayakan dirinya. Namun pertemuannya dengan seorang dark elf, Ariana, akan membuatnya menghadapi masalah yang mungkin akan menguak rahasia dirinya.

Apa hal pertama yang terbesit dalam pikiran kalian saat membaca sinopsis di atas? Karakter utama dengan tubuh tulang belulang, menyembunyikan identitas dengan baju zirah, masuk ke dalam dunia game memang terdengar seperti premis dari seri Overlord. Gaikotsu Kishi memang tidak sesuperior Overlord dari segi world building dan karakter, tapi seri yang satu ini bisa menjadi bacaan ringan yang cukup menarik bila kalian suka dengan cerita yang kental dengan petualangan heroik. Apakah Arc, karakter utama kita, dapat memecahkan kutukan “skeleton skin” atau setidaknya menjaga rahasia itu tidak terbongkar? Ikuti saja seri ini kalau kalian penasaran!

 

4. Dungeon seeker
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Author: Sakamoto 666
Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Mature, Seinen
Status: Ongoing

Junpei Takeda adalah murid SMA yang bersahabat dengan Noriko Tatsumiya. Saat sedang dirundung preman sekolah bernama Kido Shouta, mereka bertiga (Junpei, Noriko, dan Kido) tiba-tiba dipanggil ke dunia lain karena keisengan seorang “Dewa”. Junpei yang berpikir dia akan menjadi pahlawan dengan kekuatan imba dihadapkan dengan kenyataan pahit bahwa ternyata dia jauh lebih lemah dari seorang petani. Dicampakkan ke dalam labirin mematikan oleh satu-satunya orang yang dia percaya, Junpei memutuskan untuk memulai kisah balas dendamnya.

Secara sekilas memiliki premis mirip seperti Arifureta yang lebih terkenal, hanya saja yang satu ini mungkin akan terasa jauh lebih edgy. Perjalanan Junpei dalam dungeon betul-betul kelam dan keras karena dia harus membangun kekuatannya dari nol. Setiap pertemuan adalah pertaruhan hidup dan mati, sehingga kalian pun akan sulit untuk menebak apakah orang yang karakter utama temui dalam cerita benar-benar dapat dipercaya atau tidak. Kalau kalian suka dengan cerita yang terkesan edgy dan penuh tragedi, tidak ada salahnya mencoba seri Dungeon Seeker untuk memuaskan dahaga.

 

3. Tensei shitara slime datta-ken
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Author: Fuse
Genre: Adventure, Comedy, Fantasy
Status: Ongoing

Seorang pria paruh baya bernama Satoru Mikami terbunuh di tangan seorang pencuri. Tak puas dengan kehidupannya di Bumi, Satoru direinkarnasi ke dalam sebuah dunia fantasi… tapi sebagai slime! Dengan tubuh barunya itu, Satoru harus membiasakan diri untuk bisa bertahan hidup. Pertemuannya dengan seekor Naga bernama Veldora menjadi titik balik dalam kehidupan keduanya sebagai sesosok slime. Satoru yang kini bernama Rimuru, akan bertemu monster-monster lain dan menghadapi sebuah petualangan seru yang mengubah hidupnya.

Secara sederhana, Slime Tensei memiliki cerita layaknya cerita shounen pada umumnya: Berawal dari karakter lemah > mendapatkan kekuatan > melawan musuh yang menjadi teman seperjuangan > melawan musuh yang semakin kuat > menyelamatkan dunia. Sebuah ramuan yang harusnya tak bisa salah jika dibawakan dengan baik dan untungnya seri ini berhasil. Memang tidak banyak aspek yang akan membuat kalian “mindblown” tapi hal yang sederhana pun jika dibawakan dengan baik akan memberikan sesuatu yang istimewa. Slime Tensei adalah salah satu cerita yang direkomendasikan untuk kalian yang suka dengan cerita bergenre shounen (alias ORE TUEEE).

 

2. Tate no Yuusha no Nariagari
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Author: Aneko Yoshigi
Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Harem, Seinen
Status: Ongoing

Naofumi Iwatani hanyalah seorang otaku tak berkharisma yang tiba-tiba dipanggil ke dunia lain sebagai salah satu dari 4 orang pahlawan. Keempat pahlawan tersebut masing-masing dilengkapi senjata legendaris dan ditugaskan untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran yang telah diramalkan. Namun sebagai Pahlawan Perisai, Naofumi adalah pahlawan terlemah yang tak bisa mengenakan senjata. Dikucilkan dan dikhianati orang-orang yang memanggilnya ke dunia lain, Naofumi tak punya tempat dan uang untuk kabur. Hanya berbekal perisai di tangan kirinya, dia bertekad untuk bisa bertahan hidup, dan tentunya membalas dendam. Bisakah Naofumi membersihkan namanya dan menjadi pahlawan seperti yang diramalkan?

Salah satu novel isekai edgy yang cukup populer hingga akhirnya mendapatkan versi manga yang tak kalah edgy. Diawali dengan pengkhianatan yang membuat dirinya sebagai musuh masyarakat, kita akan dibawa ke perjalanan Naofumi yang harus hidup dengan tatapan benci dari orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut lantas membuat Naofumi kehilangan kepercayaan terhadap orang lain dan membuat dirinya terlihat marah setiap saat. Salah satu nilai jual di sini mungkin adalah bagaimana perkembangan karakter utama yang awalnya begitu tertutup namun perlahan mulai membuka diri seiring cerita berlangsung membuat kita menyadari pentingnya peran seseorang dalam pembentukan karakter diri.

 

 

1. Overlord
anime terbaik, anime terbaik jepang, animeind, animasi di indonesia

Author:
Genre: Action, Adventure, Tragedy, Seinen
Status: Ongoing

Anime Terbaik Alkisah ada sebuah Guild Ternama bernama Nazarick yang mendominasi dunia DMMORPG Yggdrasil. Masa kejayaan mereka telah lewat, hanya segelintir orang tersisa hingga akhirnya game Yggdrasil memutuskan menutup server mereka untuk selamanya. Momonga, si tokoh utama, pemimpin dari guild Yggdrasil memutuskan mengadakan pertemuan terakhir guild tepat sebelum server ditutup, namun tak seorang pun datang. Menyadari dan memaklumi bahwa teman-teman guild-nya memprioritaskan kehidupan nyata, Momonga memejamkan mata, menikmati saat-saat terakhir Yggdrasil dari tahtanya. Namun begitu Momonga membuka mata, dia terjebak dalam tubuh karakter Momonga dan kastil Nazarick beserta seluruh penghuni NPC-nya dipindahkan ke sebuah dunia lain. Menggunakan nama “Ainz Ooal Gown” Momonga berusaha menguak misteri perpindahan dunia yang dia alami dan mencari tahu apakah ada orang-orang dari “dunia nyata” yang datang ke dunia baru ini.

Popularitas Overlord sudah tak dapat dipungkiri lagi berkat world building dan penulisan ciamik yang tak malu untuk memperlihatkan kebrutalan seorang “elder lich” yang secara teknis tanpa perasaan. Terlepas dari hujatan grafis yang menimpa anime-nya, 2 musim anime overlord yang telah tayang diterima dengan cukup baik oleh para penggemar dengan musim ke-3 sudah siap dalam waktu dekat. Sudah tidak sabar menantikan kelanjutan kisah dari Momonga dalam menguasai dunia?

184
like
47
love
16
haha
41
wow
26
sad
28
angry
Rizki Firdaus
the authorRizki Firdaus
An ex-NEET but undeniably still a weeb.