- Advertisement -
Culture Japan

Irori: Jantung Rumah Tradisional Jepang

Irori: Jantung Rumah Tradisional JepangSource by Tokyobling

IDNation.net – Irori adalah istilah yang digunakan untuk perapian dalam rumah tradisional Jepang. Irori umumnya area kecil berbentuk persegi dengan abu, kayu bakar, dan batu ditengahnya dan ditempatkan di tengah ruangan. Jadi pada saat makan malam, seluruh keluarga akan duduk mengelilingi Irori dan menikmati family time bersama.

Source by Iroritravel

Selain digunakan sebagai tempat kumpul keluarga, Irori juga digunakan untuk memanaskan ruangan, memasak, menyalakan api, mengeringkan pakaian, dan bahkan membantu menjaga ketahanan bangunan tempat tinggal. Untuk memasak, kegunaan Irori bisa menjadi sangat praktis. Dengan menaruh ayam dan menempatkannya di Irori, kalian bisa memanggang ayam bakar sambil merebus teh hangat.

Source by Alex Kerr

Pada Irori terdapat tiang yang tergantung di langit-langit. Kalian bisa meletakkan panci di ujung tiangnya untuk memasak sup, merebus air atau menghangatkan makanan. By the way, tiang yang tergantung di langit-langit itu disebut jizaikagi.

Source by Lovelab.me

Manfaat selanjutnya adalah pencahayaan. Dulu, ketika tidak ada listrik, api adalah sumber cahaya utama. Dengan adanya Irori, masyarakat Jepang dapat mengerjakan pekerjaan dirumah saat malam hari. Irori juga bisa digunakan sebagai pengering pakaian. Saat pakaian kalian basah namun cuaca sedang hujan, maka pakaian kalian bisa ditempatkan di sekitar irori sampai kering.

Mungkin peran irori yang paling tak terduga adalah meningkatkan daya tahan rumah. Di masa lalu, masyarakat Jepang tinggal di rumah yang terbuat dari kayu. Panas yang keluar dari Irori dan menyebar kesetiap sudut rumah akan menjaga kelembaban rumah, yang membuat kayu itu tetap kering dan tidak membusuk. Hal ini juga yang membuat rumah terhindar dari rayap dan hama.

Nah, apakah sekarang kalian mengerti betapa pentingnya Irori bagi kehidupan masyarakat Jepang?

Sumber : Matcha-Jp

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry
Andreas Cahyo
the authorAndreas Cahyo
Hanyalah seorang pemain bass yang menyukai musik japan..