Culture JapanLifestyle

Kakigori, Minuman yang Tak Kalah Lezat Dari Es Kepal Milo

Kakigori, Minuman yang Tak Kalah Lezat Dari Es Kepal Milosource: Wasa Bi

IDNation.net – Siapa yang tak tahu dengan Es Kepal Milo? Belakangan ini, minuman es serut mulai menjamur dan dapat dengan mudah kalian temukan di supermarket, kantin sekolah, bahkan di pinggir jalan. Minuman yang digandrungi kaum milenial tersebut terdiri dari serutan es batu yang kemudian dicampur dengan Milo cair yang kental dan manis, beberapa jenis toping seperti chocochip dan Oreo pun ditambahkan sebagai pelengkap.

 

source: Suara

 

Jajanan manis tersebut sangat viral di social media, sama dengan viralnya “Tahu Bulat” yang juga ramai beberapa bulan lalu. Tingginya minat muda-mudi untuk menikmati Es Kepal Milo membuat beberapa orang memulai bisnisnya dengan berjualan minuman tersebut. Dengan menyiapkan modal, memulai bisnis tersebut tentu tak sulit. Sebab peralatan untuk memulai bisnis Es Kepal Milo sendiri sudah banyak dijual di beberapa situs e-Commerce di Indonesia dalam bentuk paket yang berisi booth portable, alat serut es batu, x banner, termos es, beserta cd panduan pembuatan dan resep.

Namun apakah kalian tahu? Di Jepang sendiri, minuman es serut sudah menjadi tren sejak dulu. Tak hanya bisa dengan topping Milo, makanan segar benama “Kakigori” itu bahkan memiliki sangat banyak varian rasa yang berbeda!

 

source: Wasa Bi

 

Kakigori, umumnya ramai dikonsumsi ketika musim panas berlangsung di Jepang. Mulanya, es serut tersebut hanya dapat dinikmati oleh kalangan bangsawan pada abad ke-8. Kakigori mulai ramai dinikmati masyarakat Jepang pada abad ke-19, ketika sudah mulai banyak toko-toko yang menjual es batu. Seperi Indonesia sekarang, waktu itu ramainya toko-toko yang menjual Kakigori membuat pemerintah mengeluarkan aturan untuk mebatasi penjual Kakigori. Toko yang telah memenuhi verifikasi kesehatan dan kebersihan kemudian diwajibkan memberikan tanda kakihata di toko mereka. Kakihata adalah bendera bertuliskan “氷” yang dibaca koori dan berarti es batu.

 

source: Ohta Tokyo

 

Umumnya, kakigori memiliki rasa stroberi, lemon, dan melon. Berkembangnya jaman membuat orang-orang mulai bereksperimen untuk membuat varian rasa yang baru. 5 variant kakigori diantaranya dapat kalian simak dibawah ini.

 

[dropcap type=”background”]Matcha Kakigori[/dropcap]

source: Hiphippopo

Yang Jepang banget, greentea. Rasa unik dari sirup matcha yang kemudian ditambah pasta kacang merah. Susu kental manis kemudian ditambahkan sebagai pelengkap.

 

 

[dropcap type=”background”]Thai Milk Tea Kakigori[/dropcap]

source: Burpple

Dengan menuangkan Thai Tea ditambah saus krim yang manis, jadilah sebuah jajanan lintas negara antara Thailand dan Jepang. Untuk tambahan, ada irisan almond diatasnya.

 

 

[dropcap type=”background”]Nutella Bomb Kakigori[/dropcap]

source: OpenRice Indonesia

Ini mungkin bisa jadi tandingan es kepal Milo. Sama-sama dari kelas cokelat, perpaduan Nutella dengan irisan almond yang kemudian ditambahkan dengan mochi berisi Nutella tentu sangat menggiurkan.

 

 

[dropcap type=”background”]Lovely Lychee Kakigori[/dropcap]

source: Book of Yum

Perpaduan es serut dengan buah leci segar tentu bisa menjadi pilihan yang tepat di musim panas. Belum lagi tambahan untuk toppingnya yang terdiri dari eskrim rasa leci, komplit sudah.

 

 

[dropcap type=”background”]The Ultimate Melon Kakigori[/dropcap]

source: Eater Go Around

Kakigori yang manis lalu disajikan dengan buah melon. The Ultimate Melon Kakigori juga biasa disajikan dengan tambahan brendi atau wiski.

 

Bagaimana? Selain kakigori diatas dapat kalian buat sendiri di rumah, tentunya juga bisa menjadi opsi lain jika kalian ingin menikmati es serut selain dengan campuran Milo.

Ri Riee
the authorRi Riee
syndrome with a little paradox