- Advertisement -
Culture JapanUrban Legend

Kappa: Siluman Air Terpopuler di Jepang

Kappa: Siluman Air Terpopuler di Jepang

IDNation – Pernahkah kalian mendengar sebutan Kappa? Yups, Kappa merupakan salah satu “yokai” tradisional paling terkenal di Jepang. Seperti banyak mahluk lainnya, baik mitos maupun nyata, Kappa tidak selalu terlihat persis seperti yang digambarkan. Namun, jika kalian melihat reptil yang berjalan tegak dan suka nongkrong di sungai, hmm kemungkinan mahkluk tersebut adalah Kappa.

Kappa biasanya digambarkan sebagai makhluk manusia-reptil dengan ukuran sebesar anak kecil. Mereka memiliki warna yang bervariasi; mulai dari hijau, kuning, hingga biru. Tangan dan kakinya pun memiliki selaput layaknya katak dan terkadang mereka berbau seperti ikan.

Walaupun penggambaran wujud Kappa berbeda di setiap daerah, namun secara garis besar mereka digambarkan memiliki mulut seperti paruh dan mempunyai piring berisi air dibagian atas kepala Kappa yang disebut sara. Konon, disitulah letak sumber kesaktian Kappa dan dikabarkan “sara” harus selalu terisi air karena jika sampai mengering, mereka akan kehilangan kesaktian bahkan mati.

Kappa biasanya dipandang sebagai karakter yang nakal dan suka membuat onar yang tinggal di sungai, danau, rawa, serta tempat berair lainnya. Tidak hanya itu, Kappa juga dianggap sebagai biang kerok beberapa kasus seperti tenggelamnya orang-orang, menculik anak-anak hingga memperkosa wanita (Hah!).

Walaupun banyak pandangan negatif, namun Kappa juga dikenal sebagai makhluk yang jujur, sopan dan setia. Uniknya, karena siftanya itulah banyak kisah tercipta untuk “membodohi” sang Kappa. Salah satu kisah dalam menaklukan Kappa yaitu kita harus membungkuk dalam-dalam sehingga mereka akan membalas sapaan kita. Nah, dengan begitu, air yang ada di atas kepala mereka akan tumpah dan menyebabkan Kappa tidak bisa beranjak dari posisinya. Jika kalian mengisinya kembali, maka Kappa akan melayani kalian untuk selamanya.

Berdasarkan kisah menarik sang Kappa tersebut ternyata ada pesan moral yang dapat kita diambil lo. Kappa merupakan mahkluk yang sangat menghormati sopan santun. Ketika Kappa sudah menjanjikan sesuatu, dia tidak akan ingkar dari janjinya. Walaupun manusia melakukan kecurangan dan menjebak Kappa sehingga harus melakukan ikatan perjanjian, mereka tetap akan menepatinya. Jadi kalian jangan sampai terjebak oleh tipu muslihat orang lain yang ingin memanfaatkan kalian ya guys!

 

 

0
like
0
love
1
haha
0
wow
0
sad
0
angry
Andreas Cahyo
the authorAndreas Cahyo
Hanyalah seorang pemain bass yang menyukai musik japan..