- Advertisement -
Japanese News

Kilas Balik Gelaran Indonesia-Japan Expo, Menjelang Peringatan 60 Tahun Diplomasi Kedua Negara

IDNation.net – Jepang dan Indonesia kini hampir memasuki usia 60 tahun dalam hubungan diplomatik sejak ditandatanganinya Perjanjian Perdamaian Jepang-Indonesia, 20 Januari 1958. Sebagai “mitra strategis”, kedua negara selalu menjalin kerja sama di berbagai bidang, tidak hanya ekonomi dan politik, namun juga sosial dan budaya.

Seperti perayaan sebelumnya, acara peringatan hubungan kerjasama Indonesia-Jepang akan kembali dilaksanakan dalam waktu dekat. Acara yang dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 20 Januari mendatang akan dihadiri artis-artis kedua negara dan akan ditayangkan di media televisi. Berbagai kegiatan dan lomba juga akan menambah kemeriahan acara tersebut yang tentunya akan lebih semarak dibandingkan acara-acara terdahulu.

Indonesia-Japan Expo terakhir diselenggarakan pada tahun 2013 lalu untuk memperingati 55 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Jepang. Acara tersebut berlangsung selama empat hari, dimulai pada 19 Desember hingga 22 Desember 2013 di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta pada tiga tempat yaitu di Hall A, Gedung Pusat Niaga Lt. 6, dan tempat terbuka (open space).

Berikut kemeriahan dan moment-moment yang sempat diabadikan pada gelaran Indonesia-Japan Expo 2013:

Acara tersebut diisi berbagai workshop/seminar, perlombaan, talkshow, dan special performance dari peserta Indonesia dan Jepang.

Beberapa workshop menarik dalam pagelaran tersebut antara lain adalah igo (permainan catur jepang) dan upacara minum teh yang tentu sudah tak asing bagi kalian yang mengenal budaya Jepang.

Tak hanya itu, berbagai kompetisi diselenggarakan untuk menambah kemeriahan Indonesia Japan Expo 2013, diantaranya adalah perlombaan menggambar komik, karaoke, dan cosplay.

Pameran yang diselenggarakan juga dapat menjadi wisata edukatif bagi pengunjung yang hadir. Setiap pengunjung dapat bermain sekaligus belajar hal-hal baru.

Para bintang tamu yang hadir juga berbincang mengenai “Mengenal Lebih Jauh tentang Budaya Masyarakat Jepang” dalam talkshow di Indonesia-Japan Expo 2013.

Berikut beberapa foto yang menggambarkan keseruan dan kemeriahan panggung di tahun 2013 tersebut:

Indonesia-Japan Expo tahun 2013 ditutup dengan penampilan berbagai artis kedua negara. Sebagai perwakilan dari Indonesia, JKT48 tampil memukau.

Sedangkan pihak Jepang sendiri menampilkan grup band Weaver. Kalian tentu mengenal band ini, ‘kan?

Tak hanya Weaver, HaKU juga turut meramaikan malam penutupan Indonesia-Japan Expo 2013.

Menarik bukan, acara yang diselenggarakan di tahun 2013 lalu? Satu hal yang pasti, para panitia akan membuat acara tahun ini jauh lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jadi jangan lewatkan, ya!

Adapun informasi terkait acara perayaan 60 tahun hubungan diplomasi Indonesia Jepang dapat kalian dapatkan di website resmi mereka.

 

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry