Culture Japan

Kotatsu: Alasan Orang Jepang Betah di Rumah

Kotatsu: Alasan Orang Jepang Betah di RumahSource by TokyoWeekEnder

IDNation.net – Ada perbedaan unik saat kalian tinggal di sebuah apartemen khas Jepang. Salah satu perbedaan besar yang paling jelas adalah ketiadaan sistem pemanas sentral di sana. Saat musim dingin seperti sekarang ini, hanya pemanas dengan gas kerosin yang akan membuat kalian tetap hangat. Namun ada juga alat lain yang berfungsi sebagai penghangat di musim dingin, yaitu kotatsu. Apakah kalian tahu apa itu kotatsu?

Source by Flickr

Sebelum saya menjelaskan lebih jauh mengenai betapa menariknya kotatsu, saya akan menggambarkan detail dari kotatsu terlebih dahulu. Kotatsu dapat dikatakan sebagai sebuah meja dengan pemanas di bagian bawahnya. Di musim dingin, kalian bisa meletakan futon pada kotatsu dan menyalakan pemanas di dalamnya sebagai penghangat. Di musim panas, kalian bisa melepas futon pada kotatsu dan menggunakannya seperti meja biasa. Karena dapat berguna sepanjang tahun, terlepas dari suhu dan musim, kotatsu menjadi sebuah hal unik dan spesial dalam kehidupan masyarakat Jepang.

Source by Inhabitat

Ada banyak jenis kotatsu yang tersedia di Jepang: dari yang kecil dan tidak begitu tinggi dari lantai; yang agak besar agar kaki kalian bisa masuk ke dalamnya; bahkan hingga seukuran meja makan. Namun terlepas dari ukuran atau bentuknya, semua memiliki satu kesamaan yaitu keberadaan pemanas yang ada di bagian bawah meja.

Source by Japantech

Di masa lalu, futon yang menutupi kotatsu memiliki risiko terbakar jika dibiarkan terlalu lama. Akan tetapi kekhawatiran itu telah berakhir. Saat ini, semua kotatsu telah didesain dan dibuat aman agar futon tidak terbakar dalam kondisi seperti apa pun.

Kotatsu dapat dengan mudah ditemui karena dijual di seluruh toko perabotan Jepang. Jika berminat membelinya, kalian dapat menemukan kotatsu di toko-toko retail seperti Nissen dan Nitori. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung model dan pembuatannya, tapi rata-rata berada di kisaran harga ¥9.000 hingga ¥30.000. Sebagai catatan, kotatsu hanya dijual pada musim dingin. Jadi jika kalian ingin membelinya di musim panas, kemungkinan menemukannya akan sangat kecil.

Sumber : IJT
Andreas Cahyo
the authorAndreas Cahyo
Hanyalah seorang pemain bass yang menyukai musik japan..