- Advertisement -
Entertainment

Lagu Terbaru RADWIMPS “Soramando”, Menuliskan Perasaan Korban Selamat Gempa Fukushima

Lagu Terbaru RADWIMPS “Soramando”, Menuliskan Perasaan Korban Selamat Gempa FukushimaSource by Bandwagon

IDNation – Gempa bumi dahsyat pernah melanda Jepang pada 11 Maret 2011 lalu. Bencana itu telah merenggut nyawa banyak orang dan menghancurkan tempat tinggal mereka di Fukushima. Salah satunya datang dari seorang siswa terakhir sekolah menengah setempat yang ditutup tahun lalu, RADWIMPS kemudian mengubah perasaan dan kenangan mereka menjadi sebuah lagu berjudul Soramado (空 窓 yang berarti “jendela langit”). Berikut cuplikan videonya:

Selama ini, RADWIMPS secara konsisten merilis sebuah lagu setiap tahunnya pada tanggal 11 Maret untuk mengenang para korban bencana memilukan ini. Namun, nampaknya untuk tahun ini ada penundaan ketika lagu yang berjudul Soramado keluar satu bulan kemudian.

Menanggapi hal itu, Yojiro memberikan komentar resmi yang dikutip dari official website RADWIMPS. Berikut tanggapannya:

Tujuh tahun telah berlalu. Saya menulis lagu tahun ini juga. Saya tidak bisa merilis tepat waktu tanggal 11 Maret, tetapi saya akan mengumumkannya hari ini. Nama lagunya adalah Soramado.

Tahun lalu, Sekolah Menengah Prefektur Fukushima Prefektur ditutup pada 31 Maret. Saya menerima surat tertulis dari lulusan terakhir di sekolah. Saya menulis lirik berdasarkan hal itu tahun ini.

Perasaan ketika gempa terjadi, perasaan ditinggalkan anggota keluarga, ketika orang-orang pergi, ketika mereka sendiri pergi, 7 tahun adalah waktu yang lama bagi seorang remaja. Saya hanya bisa membayangkan apa yang belum pernah saya alami. Saya mencoba sebaik mungkin untuk memasukkan perasaan yang saya terima dari kata-kata itu ke dalam suara tanpa berlebihan atau kurang. Tolong dengarkan itu.

Tahun ini video itu dibuat oleh film Qotori inc. Ini adalah langit 11 Maret 2018. Langit ini misterius. Bunyi tahun ini, saya meminta bantuan Mr. Sawamoto yang bekerja bersama untuk Masayoshi Sugai (yang merekam dan mencampur lagu RADWIMP) dalam waktu yang lama.

Saya harap orang-orang yang terkena dampak gempa akan merasa baikan segera. Dan untuk semua yang meninggal dalam bencana, berdoalah untuk mereka. — Yojiro

Menariknya, lagu yang mempunyai makna dalam ini tidak dijual dimana pun karena unsur cerita dibaliknya. Jadi, jika kalian ingin menikmati lagu ini, silahkan mendengarnya sendiri di Youtube.

 

Source: Official Website, Youtube, JRock

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry
Andreas Cahyo
the authorAndreas Cahyo
Hanyalah seorang pemain bass yang menyukai musik japan..