- Advertisement -
Breaking NewsEsport News

Mencari Uang dari E-Sport? Ini Kata Jokowi

Mencari Uang dari E-Sport? Ini Kata Jokowi

IDNation.net – Sabtu kemarin, Presiden Joko Widodo terlihat menghadiri Youth On Top National Conference (YOTNC) di Balai Kartini, Jakarta. Dalam acara tersebut, beliau mengatakan “hanya” anak muda yang dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan sukses dalam revolusi industri 4.0; sebuah momen di mana teknologi memegang peran sangat penting untuk bisa bertahan dan berkembang dalam dunia bisnis.

Presiden Jokowi juga menyebut-nyebut sebuah gim mobile yang kini tengah digandrungi oleh anak-anak muda, Mobile Legend. Pernah suatu kali dia bertanya kepada Jess No Limit, salah satu anggota tim eSports Indonesia, yakni Evos:

“Pekerjaanmu apa, dijawab oleh dia, ‘saya main eSports, main Mobile Legend‘ dan hebatnya dapat income tiap bulan besarnya ratusan juta. Bukan puluhan lho, ratusan juta,”

“Dulu mungkin orangtua kalau anak main (gim mobile) ditegur, pasti dimarahin tetapi justru sekarang itu mendatangkan uang. Ini namanya peluang dan inspirasi ini harus ditangkap,”

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia ini pun berpesan agar anak muda harus bisa menangkap peluang-peluang dari kemajuan teknologi yang ada.

Melihat kata-kata dari Jokowi tersebut, kira-kira berapa uang yang bisa kita dapatkan jika berkecimpung di E-Sport? IDNation juga sudah membuat daftar lho soal 5 orang yang memiliki pendapatan tertinggi di bidang ini. Penasaran? Langsung saja:

  • KuroKy – US$ 2,4 juta (Rp 32 miliar) – DOTA 2

  • Gorilla – US$ 250 ribu (Rp 3,4 miliar) – FIFA

  • Crown – US$ 332 ribu (Rp 4,5 miliar) – League of Legend

  • FalleN, fer, coldzera, TACO – US$ 312 ribu (Rp 4,2 miliar) – Counter Strike: Global Offensive

  • Ryujehong – US$ 40 ribu (Rp 549 juta) – Overwatch

 

Selain menjadi pro-player seperti orang-orang di atas, kita juga bisa kok melihat dari sudut pandang lain: menjadi game developer dengan menelurkan berbagai ide yang cocok dijadikan sebagai e-sport. Ide, kata Presiden Jokowi, akan bisa menjadi hal yang diunggulkan dan menjadi kunci sukses seseorang. “Jadi yang dijual adalah ide, seperti Elon Musk yang menjual ide dan gagasan dan investor yang ingin mendanainya banyak sekali, seperti startup (menjual ide),” katanya.

“Kalau tidak cepat, bisa ditinggal ini negara kita. Apalagi potensi revolusi industri 4.0 itu perubahannya 3.000 kali lebih cepat dibandingkan revolusi industri yang pertama,”

“Kalau kita tidak siap-siap, negara lain sudah jauh di depan, kita harus membuka diri, jangan takut bersaing. Saya yakin, anak-anak muda Indonesia bisa bersaing dengan anak muda negara lain tapi peluagnya harus dibuka,”

“Tentukan tujuan bisnis, tujuannya harus ada, salah satunya dengan melakukan penelitian kecil-kecilan. Harus niat, lakukan survei betul-betul, perhitungan,”

 

0
like
0
love
1
haha
0
wow
0
sad
0
angry
Rizki Firdaus
the authorRizki Firdaus
An ex-NEET but undeniably still a weeb.