- Advertisement -
Esport News

Panggung Esports yang baik itu Bagaimana sih ? Lampu Banyak, Layar Gede atau yang lain ?

Panggung Esports yang baik itu Bagaimana sih ? Lampu Banyak, Layar Gede atau yang lain ?

Tepat beberapa hari sebelum Main Event GESC Jakarta Minor berjalan, Warganet dan medsos digemparkan dengan design venue dan panggung Esports dari GESC sendiri. Warganet banyak berpendapat bahwa Panggung atau Stage tersebut sangatlah buruk dan tidak pantas untuk acara Esports kelas International seperti Minor DOTA 2.

Stage GESC Jakarta Minor 2018
Stage GESC Jakarta Minor 2018

Lalu Bagaimana sih Panggung Esports yang baik dan benar ? Atau kasarnya itu sesuai standar kita kita ini ? Saya pun berhasil mendapatkan 3 pendapat langsung dari para ahlinya yang sudah menyelenggarakan event Esports baik skala Nasional maupun Internasional.

Yang pertama ada dari Herry Wijaya selaku COO World Of Gaming :

Menurut saya stage yg baik itu bisa menjadi tempat yg nyaman untuk player as simple as that. Hal esensial lainnya adalah bagaimana stage tersebut bisa jadi “wajah” ¬†dari suatu event sesuai keinginan pemilik event.

Kata kata yang perlu kita garis bawahi dari Pendapat pertama disini adalah “Nyaman untuk Player”, “Wajah suatu Event” dan “Sesuai keinginan pemilik event”. Kita bahas satu persatu point tersebut.

  1. Nyaman untuk player disini kita harus bisa melihat bagaimana kenyamanan para Pemain bertanding disebuah stage dengan Layar dan Sound System besar dan canggih, apakah hal hal tersebut akan mengganggu pemain nantinya ? Stage yang baik tidak boleh mengganggu performa para pemain yang berada diatas panggung tersebut. Serta juga bisa menahan gemuruh ramainya para penonton yang datang dan berteriak.
  2. Wajah suatu Event. Maksud Wajah suatu event disini adalah Panggung tersebut harus memiliki ciri khas sesuai Tema yang diusung oleh event itu sendiri. Dengan adanya ciri khas tersebut dapat memberikan sebuah kenangan atau memori tersendiri kepada para pengunjung dan penonton yang datang ke event tersebut.
  3. Sesuai keinginan pemilik Event ? Mungkin ini terdengar egois, namun Herry Wijaya pun menjelaskannya. “Ya sekarang coba kalau pengunjung eventnya 7 ribu dan mereka punya pendapat sendiri sendiri soal stage dan panggung. Udah pasti ga bakal selesai itu design panggungnya.” Disini pun saya mulai paham bahwa memang kita tidak akan pernah bisa memuaskan semua pengunjung yang datang. Namun dengan design, pemilihan dan settingan yang tepat sesuai dari penyelenggara Event. Sebuah panggung dapat jadi dan diterima oleh banyak pengunjung serta pemainnya.
Stage MSC 2017 by World Of Gaming
Stage MSC 2017 by World Of Gaming

Wah baru dari 1 pendapat aja udah dapat banyak point penting ? Lalu bagaimana dari 2 orang teman kita lainnya ?

Kali ini pendapat dari Tribekti yaitu salah satu ex staf Garena Indonesia dan sekarang bekerja di Mineski Event Team Indonesia.

Panggung yg baik ya yg bisa di nikmati semua pengunjungnya, terutama audio visualnya, tapi juga ga mengorbankan kenyamanan dan integritas dr kompetisinya, kaya pemainnya harus aman dari bocornya suara caster, ga bs ngintip ke layar dsb

Kembali lagi tidak berbeda jauh dari pendapat Herry Wijaya dimana poin utamanya adalah kenyamanan pemain dan ditambahkan juga pengunjung yang datang. Tapi ini dapat meyakinkan kita bahwa memang Kenyamanan Player dan Pengunjung adalah tujuan paling utama.

Stage IPGL 2017 by Mineski Event Team Indonesia
Stage IPGL 2017 by Mineski Event Team Indonesia

Dan orang ketiga kali ini kita dapat pendapat dari Wijaya Nugroho selaku Project Manager Point Blank Garena Indonesia. Beliau berkata :

Untuk membuat stage Esports yang baik, kita harus melihat dari banyak faktor seperti kondisi Venue, jenis pengunjung, konten dan konsep acara serta banyak hal lainnya. Namun yang paling penting adalah membuat Player yang bertanding itu nyaman dan membuat Pengunjung yang datang itu nyaman juga untuk menonton pertandingan.

Ada poin yang sama seperti kenyamanan pengunjung dan Pemain, namun ada poin baru seperti kondisi venue, jenis pengunjung serta konten dan konsep acara. Mari kita bahas bersama :

  1. Kondisi Venue berarti sebuah stage harus bisa melihat situasi dan juga kondisi dari venue atau tempat stage itu berdiri. Contohnya sungguh tidak mungkin mendirikan stage lampu yang banyak didalam mall karena keadaan kebanyakan mall sendiri sudah sangatlah terang, nantinya lampu tersebut tidak akan memiliki efek apa apa.
  2. Jenis Pengunjung artinya seorang Event Organizer harus mengerti pengunjung yg akan datang ke event mereka dan harus bisa jg menyesuaikannya dengan penonton agar dapat diterima. Ga mungkin kan kamu bikin stage dengan tema penjara atau kekerasan padahal pengunjung event kamu itu anak anak dibawah umur ? Drama deh nantinya.
  3. Konten dan Konsep Acara artinya kamu harus bisa juga menyesuaikan dengan acara apa saja yang ada di dalam event dan terjadi diatas stage tersebut. Apakah ada band’nya ? Performa dance¬† juga ? berarti harus ada space luas di stagenya agar sang performa dapat bergerak bebas. Dan konsep acara, ya kan ga mungkin kamu bikin stage serba Pink di event DOTA 2. Kecuali event kamu itu game Hello Kitty Online mungkin masih oke wkwkwk..
Stage Point Blank International Championship 2017 by Garena Indonesia
Stage Point Blank International Championship 2017 by Garena Indonesia

Nah itulah tadi beberapa pendapat dan juga pandangan tentang bagaimana Stage atau Panggung Esports yang seharusnya. Kalo kamu sendiri punya pandangan sendiri kah ?

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry