- Advertisement -
Esport News

Ramai Dibicarakan, Yevhen Zolotarev: “Tahun 2017 Merupakan Kegagalan Na’Vi Terbesar”

Ramai Dibicarakan, Yevhen Zolotarev: “Tahun 2017 Merupakan Kegagalan Na’Vi Terbesar”

IDNation.net – Dalam interview bersama dengan Cybersport.ru, CEO Natus Vincere yang biasa kita sebut Na’Vi, Yevhen Zolotarev mengingat kembali tahun 2017 yang mengecewakan, dan melihat ke arah masa depan. Hasil dari interview telah diringkas padat dalam Cybersport.

Tentang Dota 2


Roster Dota 2 telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, dan kelihatannya Anda merekrut anggota yang didominasi oleh veteran. Pada tahun 2017 kami melihat ada direkrutnya rmN-Biver, dan Crystallize. Kenapa tiba-tiba berganti ke talenta muda?

Kami ingin menggabungkan yang masih ‘hijau’ dan berpengalaman, namun hal itu tidak berhasil pada pertama kali. Anda tidak bisa mengatakan bahwa kami hanya merekrut talenta baru, contohnya ada Pajkatt yang sangat berpengalaman.

Pengulangan pertama tidak berjalan mulus. Akan tetapi, kami sangat senang dengan roster sekarang, termasuk Crystallize. Kami pikir suatu saat nanti kami akan mencari pemain muda juga.

Banyak pemain-pemain muda yang mudah gelisah. Apa pengalaman yang pernah Anda alami bersama dengan pemain dengan sedikit pengalaman ini?

Saya tidak akan menutup tentang karakteristik orang mempunyai peranan penting ketika kami merekrut pemain. Jika seleksi awal dimulai dengan statistik, rekomendasi, dan lain-lain, maka proses lanjut perekrutannya adalah percakapan personal. Orang-orang kami sangat santai. Cara itu sangat mudah untuk berhasil ke Roman, Malte dan sekarang Vlad. Crystallize menyerap informasi layaknya sebuah spons. Dia adalah yang paling tidak banyak bermasalah dan tidak suka berkonflik antar anggota tim.

Baru-baru ini kami melihat Dendi terlihat di berbagai tunamen. Sebelumnya dia sering sekali dikritik, namun sekarang dia dipuji-puji. Ada apa?

Dari sudut pandang pribadi kami, Dendi sama sekali belum berubah. Dari prespektif timnya, dia telah menerima banyak dukugan. Esport merupakan sebuah industri, di mana bentuk fisik tidak berpengaruh sama sekali, akan tetapi keadaan kejiwaan seseorang merupakan hal yang penting. Ketika timmu percaya denganmu, dan kaptenmu, dan pelatihmu, hal itu membuatmu dapat tampil dengan mudah. Pada momen ini kami telah mengembangkan atmosfer yang dapat membantu dia menampilkan sosok aslinya.

Dendi and XBOCT at the SL i-League Invitational Season 3
Courtesy by Vk.com

Maukah Anda bilang tahun 2017 merupakan tahun yang sukses atau bukan?

Tidak dapat dipungkiri bahwa tahun 2017 merupakan tahun yang buruk. Tekanan stres sangat tinggi ketika kami tidak lolos kualifikasi The International, yang perta untuk organisasi kita. Semuanya kecewa: baik para pemain, saya sendiri dan manajemen Dota 2.

“Sifat manusia berperan penting saat kami merekrut pemain.”

Meskipun begitu, kami simpulkan tahun 2017 di catatan positif. Kami dapat poin untuk nama kami, dan aktif bertarung demi direct invite untuk The International selanjutnya, kami punya roster solid, dan yang paling penting, kami mendapatkan playstyle yang memuaskan bagi fans kami. Kami tampil cukup baik di Major, meskipun hasil kami melawan EG bisa lebih baik. Kami dapat poin di Minor dan menang di event kecil di Adrenaline Cyber League 2017. Kemenangan ini bahkan lebih berharga karena saat Grand Final kami menang melawan tim terkuat di dunia yaitu Virtual.pro G2A. Kami optimis akan masa depan yang akan datang.

Tujuan apa yang diharapkan roster untuk tahun 2018?

Tujuan yang banyak tim Dota 2 harapkan nyatanya cukup simpel, yaitu The International. Setiap tim perlu mengumpulkan poin yang cukup agar mendapat tempat di International. Dengan demikian, semua sumber daya kami akan digunakan untuk memastikan kami masuk dalam jajaran perebutan Aegis.

Meskipun begitu, tim telah melewati banyak turnamen yang bisa menghasilkan poin. Apa mereka kelelahan?

Tentu saja pemain kami sedikit kelelahan. Mereka bermain banyak bermain di kualifikasi online, dua sampai tiga turnamen beruturut-turut, penerbangan tanpa henti, jet lag, dan semua ini berpengaruh ke mereka. Kita akan melewati beberapa minor, namun minor yang harus melewati kualifikasi.

 

Tentang League of Legends


Na’Vi belum bermain bagus di LoL. Apa Anda ingin membuat roster terbaik?

Market di LoL agak sedikit bengkak. Pada tahun kemarin, gaji LoL menurut saya tidak memadai. Di Na’Vi, yang mana gajinya rata-rata, kami tidak dapan menarik perhatian pemain-pemain pro.  Penawaran Gambit Gaming dan Virtus.pro lebih menarik dari kami.

“Masalahnya bukan karena kita tidak mampu bayar lebih, melainkan apakah masuk akal atau tidak.”

Jika Anda membayar sesuatu yang Anda harus mengerti apakah hal itu akan menghasilkan. Pada kasus LoL dan Riot, hasilnya dirasa tidak cukup. Banyak viewer, namun dalam perspektif pemain, ekspos media dan minat terhadap konten, CIS agak dipertanyakan. Investasi untuk titel ini, saya rasa tidak masuk akal.

Ada apa dengan roster Anda? Bahkan Riot Games mengkonfirmasi Na’Vi tidak ikut LoL

Akan bodoh jika kami menyanggah ini, tetapi karena Riot Games selaku developer LoL yang mengonfirmasi hal itu. Tolong tunggu pengumuman resminya.

Mungkinkah mencari keuntungan dari LoL di region CIS?

Ya. Tetapi jika kami mempunyai tim bagus. Selain itu, Riot Games benar-benar membatasi kerjasama dengan sponsor di liga mereka dan hal ini menghalangi Anda dari mendapatkan aliran pendapatan. Kompensasi yang diberikan dari mereka sama sekali tidak cukup bagi kami.

Tentang CS:GO dan penyesuaian roster


Pada bulan Agustus Anda mengembalikan Zeus ke roster inti. Dengan datangnya Kane menggantikan Andi, apakah ini keputusan yang mudah untuk diambil?

Tentu saja tidak. Andi adalah bagian dari Na’Vi sudah sangat lama sekali. Dia memulai karirnya sebagai penulis dari web, kemudian bekerja secara analisis, dan kemudian menjadi analyst yang teliti yang mempunyai kesempatan untuk mengetes dirinya sebagai pelatih. Kami masih bicara dengan dia, dia menyadari kekurangannya. Dia masih jauh dari apa yang dibilang sebagai pelatih ideal, meskipun begitu dia gigih dalam mengembangkan dirinya dan tumbuh. Saya percaya Andi akan menjadi pelatih hebat. Dia gigih dan tekun.

Untuk Zeus dan Kane: mereka datang dalam satu paket. Mereka mengerti satu sama lain dan kerja sama mereka mudah dilakukan. Mereka buktikan kapabilitas mereka terutama hasil kemenangan Major di Krakow. Kane merupakan pelatih yang sangat menarik. Dia berpikir di luar kepala dan pemahaman dia tentang game sangat baik.
Zeus and Kane championing the PGL Major Krakow 2017 trophy

Bagaimana organisasi melihat Kane masuk? Komunitas sepertinya sama sekali tidak menyukainya.

Masih terlalu dini untuk menilai hasilnya. Pelatih baru sampai ketika kami mengganti GuardiaN dengan Zeus. Ada kesalahan alokasi peran pada waktu itu. Dan sekarang kami mendapatkan electronic, hal itu menjadi jelas mengenai peran pemain dan posisinya. Saya pikir kita baru bisa menilai pelatihan setelah Major.

Untuk komunitas, mereka selalu mencari kambing hitam. Yang paling penting adalah untuk tidak ikut campur dalam hubungan dan memberikan dampak bagi tim. Kami merasa tenang-tenang saja tentang itu.

Zeus kerja dengan Na’Vi dan juga pro100 secara bersamaan. Apakah ada konflik kepentingan di sini?

Pada waktu dulu tidak ada, namun bisa jadi akan ada konflik kepentingan muncul di masa depan. Kami telah mendiskusikan hal ini bersama Daniil. Untuk sekarang jalan kami belum bertemu menurut perspektif organisasi. Kita berada di kategori berat yang berbeda untuk sekarang. Kalau untuk masa depan kita lihat saja nanti.

Ada masalah apa dengan kontrak seized?

Denis sedang masa pinjam 2 bulan ke Flipsid3 Tactics. Selain itu dia telah setuju untuk bermain dengan mereka selama Major di bulan Januari. Sekarang ini dia dikontrak dengan kami dan dengan begitu kita kewajiban finansial untuk dia. Untuk bulan Januari dia akan menjadi bagian dari F3, dan selanjutnya dia bebas.

Photo by: PGL
Courtesy by PGL

Apakah anda bisa menjelaskan negosiasi untuk mendapatkan electronic? Pada waktu kata perwakilan dari FlipSid3 mereka hanya mau melepas dia untuk harga tinggi.

Negosiasi waktu itu sangat sulit. Selama karir saya menjadi bagian dalam negosiasi transfer pemain yang totalnya 8 kali, yang ini paling sulit. Soalnya dia merupakan bagian penting dari FlipSid3, mereka tidak mau melepas dia sama sekali.

Negosiasi pertama gagal. Kita memulai negosiasi setelah Krakow Major, namun kita belum ada kesepakatan. Hal ini tidak hanya akibat dari harga yang ditawarkan, melainkan juga terlalu cepat dan mereka belum sempat mencari pengganti. Dan harga yang dipatok terlalu mahal. Ketika negosiasi kedua situasinya tidak terburu-buru, dan kami harus menegosiasikan harganya.

Apakah electronic mau masuk ke Na’Vi?

Semua negosiasi dibuat melalui organisasi masing-masing, tetapi saya tahu bahwa electronic ingin sekali masuk ke Na’Vi.

Semua pemain Na’Vi tampil di final WESG European. Dan dalam partisipasi mereka di WESG menurut electronic, mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk bersiap-siap Major. Kenapa organisasi mengizinkan mereka untuk berpartisipasi?

Na’Vi bukan hanya satu-satunya tim yang mengizinkan pemainnya untuk berpartisipasi di final WESG EU. Mudah untuk dimengerti, mengingat hadiah utama event utamanya. Kita juga mesti ada pengertian bersama saat mendengar apa yang pemain kami mau, dan kemungkinan untuk menampilkan diri mereka. Tentu, kita kehilangan beberapa hari, namun kami senang dengan persiapan mereka. Plus, mereka tampil hebat di DreamHack, jadi kita biasa saja.

Jika final WESG dunia bertabrakan dengan event yang lain ketika Na’Vi mendapat direct invite, tindakan apa yang akan dilakukan?

Turnamen yang lebih dahulu diutamakan, akan tetapi tergantung jenis turnamennya. Jika bicara tentang turnamen Major, ESL atau turnamen besar, kita skip. Jika event tersebut kecil seperti DreamHack, atau memiliki total hadiah kecil, kita izinkan mereka berpartisipasi di WESG.

The celebration ceremony at the WESG European Regiona Finals
Courtesy by vk.com

Apa ikhtisar tahun 2017 untuk tim CS:GO?

Secara umum, tahun 2017 merupakan kegagalan, sama seperti Dota 2. Akan tetapi kami simpulkan tahun 2017 relatif bagus. Kita tidak mendapat title satupun, yang terakhir kita dapat tahun 2016 title ESL One New York di musim gugur tahun 2016. Performa kita di Major sangat disayangkan, kita kehilangan titel Legends. Kita ada masalah dengan roster kami.

Kesimpulan dari tahun 2017 membuat kami optimis. Kami menang di DreamHack dan tiga orang kami tampil bagus di kualifikasi EU(Europe) untuk WESG. Dan mereka kembali dari event tersebut dalam semangat tinggi. Dan hal itu merupakan hal yang positif bagi Na’Vi. Semuanya berjalan dengan bagus sekarang dan tim kami siap untuk menaklukan semua orang yang menghalangi jalan mereka.

Apa pendapat Anda mengenai bocoran penyesuaian roster? Sering kita lihat v1lat dan Korb3n meneribitkan informasi roster Anda sebelum pengumuman resminya, dan termasuk staf anda juga melakukan ini.

Kita menanganinya dengan pengertian. Semua orang ingin hype tentang itu. Saya mengerti bagi pembuat konten hal ini merupakan sumber eksklusif yang bagus untuk menjadi konten, dan mendapat viewer, akan tetapi dalam praktek pergaulan pemain, seseorang tahu info tentang sesuatu, lalu disebar, lalu dibocorkan. Saya terbiasa dengan ini.

Untuk masalah bocoran internal, kita perlu membahas hal ini. Info tentang transfer Dota 2 hampir sempurna, tanpa kebocoran info sama sekali. Untuk CS:GO tentang transfer electronic mirip dengan Neymar ke PSG. Semua orang tahu dengan hal ini. Pertanyaannya adalah apakah akan terjadi atau tidak.

Di PUBG, Overwatch, dan lain-lain


Baru-baru ini kita lihat Na’Vi berfokus esports dan titel. Sudahkah Anda melirik game baru yang mau anda masukkan ke Na’Vi?

Kita tidak memiliki alasan untuk mengejar titel. Tentang menjelajah sesuatu, kita sedang tertarik pada beberapa hal, yaitu PUBG dan Overwatch. Kami menunggu saat dimana mereka memperluas geografisnya. Ada juga title yang mendatangi kami dengan sendirinya. Dan Valve juga sedang merencanakan untuk mengeluarkan titel yang mirip dengan Hearthstone [Artifact–ED]

Apakah Anda yakin PUBG bisa menjadi title esport?

Secara personal, saya rasa tidak, namun ini tentang esport, tidak dapat diprediksi. Sekarang game ini belum teroptimisasi dari perspektif penonton, dan tidak terlalu kompetitif. Jika Anda lihat di Twitch, banyak orang menonton streamer, yang streamer-nya ternyata bukan pemain pro.

Banyak hal tergantung dari publisher dan ekosistem yang mereka ciptakan. Menurut saya, Overwatch tidak menarik untuk ditonton, dan belum siap untuk esport, akan tetapi Blizzard lakukan sekarang bisa jadi sebuah terobosan untuk game itu. Waralabanya sangat menarik dan bisa berhasil.

Jika sistem waralaba tersebut menjadi esport, akankah semua orang menggunakan game tersebut untuk esport, dan menyebabkan banyak pihak mesti membayar ratusan juta dolar untuk berpartisipasi?

Semua sistem berbeda, bahkan Dota 2 dan CS:GO sama publisher yaitu Valve, memiliki sistem yang berbeda juga. LoL memiliki ekosistem yang berbeda, lebih tertutup. Overwatch memiliki sistemnya sendiri. Menurut saya mereka memiliki tempat di dunia ini. Kami memiliki sedikit dari semuanya.

Na’vi mengeluarkan banyak konten melibatkan banyak pemain, yang mana pemain di tim lain umumnya menolak hal itu. Bagaimana cara Anda mampu menjelaskannya ke pemain bahwa hal ini penting?

Tergantung tiap individu. Ada yang senang berpartisipasi di aktivitas media sosial, ada juga yang enggan. Tidak ada hal yang dilakukan selain membicarakan dan menjelaskan hal ini ke pemain mengenai keutamaan konten ini. Setiap pemain merepresentasikan Na’Vi sebagai merk mereka sendiri. Inilah kepentingan mereka. Orang yang mengerti ini merespon dengan senang dan ikut partisipasi, sementara yang menganggap ini tidak penting, lewat. Meskipun merupakan kewajiban dari perjanjian, kita tidak pernah memaksa orang lain.

Na’Vi berpisah dengan ESFORCE. Pada pengumuman itu disebutkan bahwa hak meida ditransfer ke Zero Gravity Group. Akankah ZeroGravity mengontrol ogranisasi?

Dia adalah pemiliknya, dia tidak akan mempengaruhi fungsi operasional atau berusaha untuk micromanage organisasi ini. Kami berdiskusi aspek strategis dari organisasi ini, seperti perkembangannya, dan masuknya titel-titel baru, dan sebagainya.

Sumber: Cybersport

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry
Danan Viardi
the authorkuro_shiroi
Pecinta Mobile Legend dan osu! Ingin menjadi LebahGanteng atau PeinAkatsuki