- Advertisement -
DOTA 2Esport News

[Weekend Team Spotlight] Team Liquid

[Weekend Team Spotlight] Team Liquid

Team Liquid adalah tim eSports profesional, yang dibentuk pada tahun 2000 di belanda. Pada awalnya, tim ini bermula dari Clan di suatu game yang disebut Starcraft:Brood War, dan tim akhirnya berpindah ke Starcraft II pada saat beta test Startcraft II pada tahun 2010 dan menjadi tim tersukses di daerah barat. pada 6 Desember 2012, mereka mengumumkan terbentuknya Divisi Dota 2.

Team Liquid sangat di asosiasikan dengan websitenya, yaitu  TeamLiquid.net. Diluncurkan pada 1 Mei 2001, dan web tersebut difokuskan kepada Starcraft dan Dota, dan akhirnya web tersebut menjadi the most-browsed Starcraft-related website in the world, mengumpulkan ribuan anggota (termasuk beberapa pemain professional) dan memusatkan berita tentang kejadian-kejadian Starcraft II di dunia. Dan Pada 30 Agustus 2012, Teamliquid.net mengumumkan ekspansi kepada Dota 2.


Sejarah

Formasi awal dan The International 3.

Formasi awal tim terbentuk dari barisan pemain professional di Amerika Utara yang dikepalai oleh FLUFFNSTUFF dari Team FIRE, yang menjadi mantan anggota dari tim compLexity Gaming di The International 2012. Dan dikarenakan early knockout di TI2, Skuad dibubarkan dengan  TCixmike88, and FLUFFNSTUFF berpindah ke tim Liquid dan bergabung bersama BuLba, yang berkompetisi dengan  Evil Geniuses di TI2, dan Korok, yang berasal dari tim Quantic Gaming.

Pada tahun 2013 tim tersebut memantapkan dirinya sebagai salah satu organisasi utama Amerika Utara dengan Roster tersebut, dengan mengikuti turnamen-turnamen bersar seperti  Raidcall D2LThe DefenseThe Premier LeagueAmerican Dota League dan berhasil mengamankan undangan mereka ke The International 2013. Setelah awal yang sulit, mereka turun ke Lower Bracket dengan selisih tipis, yang membuat mereka mengalahkan MUFC dan kemudian mengalami saat-saat menentukan mereka di dalam performa yang luar biasa melawan LGD.cn dan menyingkirkan Chinese Behemoth keluar dari acara tersebut. Dan kekalahan melawan juara bertahan Invictus Gaming yang membuat mereka menjadi posisi 7-8 di TI3.

Setelah TI3

Setelah event tersebut, Roster kembali mengalami perubahan, dengan hiatusnya iixmike untuk fokus ke ixdl dan korok yang hiatus untuk melanjutkan sekolahnya.  qojqva dari mousesports dan Waytosexy dari Dignitas mengisi bangku kosong di tim. Setelah awal yang kuat di online leagues dan group stages, tim liquid mengalami keterpurukan di kedua Fall LAN events, gagal di babak awal pada MLG Columbus dan DreamHack Winter. pada awal musim dingin, tim juga mulai goyah dalam online plays, dengan frustasi yang meuncak dan diperlihatkan oleh FLUFFNSTUFF di TL.net blog miliknya. Blog tersebut menghasilkan sebuah ultimatum untuk FLUFF: menang sebagai kapten, atau dikeluarkan dari tim. pada akhirnya, tim gagal untuk berkembang, tidak lama kemudian, Liquid harus berpisah dengan Fluff. Setelah menseleksi beberapa pemain. Sneyking dan DeMoN pun ditambakan untuk mengisi bangku yang kosong di tim Liquid.

Meskipun begitu, tim tetap berjuang, dikalah kan oleh EG di North American Rejects dan gagal untuk mendapatkan kualifikasi  The Summit 1.  Tidak lama kemudian Tim Liquid kalah melawan EG di final stages ESL One Frankfurt qualifiers. Karena performa tim pada masa tersebut, mereka tidak diundang ke direct seed The International 2014. 

The International 4.

Walaupun tim Liquid mendapatkan trip ke Seattle, mereka masih harus mendapatkan empat kemenang untuk membuka jalan ke main event turnamen tersebut. Lawan pertama mereka adalah CIS Game, mereka berhasil menang dan akan berhadapan dengan MVP Phoenix yang telah menang melawan Virtus.pro di lain sisi bracket. setelah menang tipis Team Liquid dapat maju ke kualifikasi main event tanpa kalah sekalipun, dan pada kualifikasi tersebut, tim liquid berada di posisi ke tujuh, dengan skor 8 kali menang dan 7 kali kalah.

Karena yang dipastikan masuk main event hanya 6 tim, Team Liquid harus mengikuti kualifikasi untuk masuk ke main event, tetapi ternyata perjalanan harus berhenti disini, karena Team Liquid bertemu dengan LGD pada match pertama dan berhasil dikalahkan, mereka pun dipaksa untuk puas di peringkat ke tujuh pada TI4.

Shuffle setelah turnamen TI4 berlangsung sangat tidak bersahabat untuk tim Liquid. mereka mengumumkan DeMoN telah keluar dari tim setelah beberapa minggu sehabis TI4 dan diikuti oleh waytosexy. Setelah beberapa minggu kemudian,  Team Tinker muncul dengan BuLba dan qojqva menjadi anggotanya. Semua berharap ini hanya percobaan Roster baru untuk Team Liquid, tetapi kurang dari 1 bulan, semua telah terungkap bahwa mereka berdua telah keluar dari tim dan organisasi. Menjadi last man standing, TC juga ikut keluar dari tim pada bulan Oktober 2014 dan meninggalkan Team Liquid tanpa Roster di Dota 2.

Return to Dota.

Pada tanggal 9 Oktober 2015, Team Liquid mengumumkan kembalinya mereka ke Dota 2 dengan penandatanganan kontrak dengan 5JungzTeam Liquid melihat tantangan pertama mereka di Kualifikasi Eropa di Turnamen The Frankfurt Major 2015, tetapi mereka gagal mendapatkan kualifikasi setelah dikalahkan oleh tim Alliance dengan skor 1-2 di Lower Bracket. Turnamen LAN pertama Team Liquid pada saat itu adalah  Nanyang Dota 2 Championships di Singapura yang dilaksanakan pada kurang lebih satu bulan setelah Frankfurt Major. dan dibulan yang sama, Team Liquid juga mengikuti Premiere Event, dengan menjadi juara tiga di World Cyber Arena 2015 dan juara lima-enam pada The Summit 4. Dengan formasi yang dibentuk kurang dari dua bulan, Team Liquid dapat memenangkan  Dota 2 Champions League Season 6 dan mereka juga berhasil menjadi juara pada turnamen The Defense Season 5. Dan puncak keberhasilan mereka adalah pada saat mengalahkan juara bertahan Frankfurt Major, Team OG. Dengan keberhasilan besar yang mereka raih dalam waktu singkat, banyak hal yang sangat dinantikan di tahun 2016.

Setelah TI6.

Tahun 2016-2017 menjadi awal yang buruk bagi tim Liquid, Pada saat dimulainya The International 2016, FATA- meninggalkan tim dan hiatus dari kompetisi Dota2, dan JeraX bergabung dengan tim Rival Liquid, OG. Pada akhirnya, mereka digantikan oleh  Miracle- dan BuLba yang bergabung pada bulan September 2016. Namun tim dengan susunan baru ini belum bisa mendapatkan kesuksesan dan gagal mendapatkan kualifikasi ke Turnamen Boston Major. Diikuti dengan hasil yang kurang memuaskan, BuLba mengumumkan Hiatusnya dan Team Liquid merekrut GH untuk dijadikan Stand-in. Dengan GH sebagai Stand-in, Team Liquid berhasil memenangkan Turnamen DreamLeague Season 6 pada bulan November 2016. Dan pada akhirnya, GH resmi menggantikan posisi BuLba pada tim di bulan Januari 2017. Prestasi lainnya pada 2017 adalah menjadi juara Turnamen Dota 2 Asia Championships 2017 dan StarSeries Season 3.

Kembalinya Team Liquid ke The International 7.

Setelah konklusi dari Kiev Major, inilah saatnya tim berfokus padThe International 2017. Hanya beberapa peluang yang tersisa untuk mengamankan undangan ke turnamen tersebut. Tes pertama mereka adalah mengamankan Direct Invite pada turnamen DreamLeague Season 7 yang dilaksanakan di Atlanta pada bulan Juli. Perjuangan mereka pun dimulai dengan mengikuti turnamen  StarLadder i-League Invitational #2, pada bulan Mei dan berhasil menjadi juara setelah mengalahkan TNC Pro Team dengan skor 3-2 di Grand Finals. Dan pada akhirnya Team Liquid berhasil mempertahankan Titel EPICENTER di Moscow setelah mengalahkan Evil Geniusses dengan skor 3-1. Dan mereka akhirnya dapat mengamankan Direct Invite ke Turnamen DreamLeague Season 7. Dua kemenangan dan satu Direct Invite di Turnamen LAN, menandakan bahwa Team Liquid menjadi enam tim yang akan mendapatkan undangan ke  The International 2017.

Team Liquid akan datang ke TI7 sebagai salah satu tim favorit. Untuk group stage, mereka berada pada Grup A bersama tim favorit lainnya seperti Evil GeniusesLGD Gaming, dan Team Secret. Pada Group Stage, Team Liquid berhasil meraih peringkat satu dengan skor 13 kali menang dan 3 kali kalah. Berkat hal itu, mereka berhak memilih tim mana yang akan menjadi lawan mereka di Upper Bracket pada Main Event, pilihannya adalah antara  Virtus.pro atau Invictus Gaming. Karena tidak ingin melawan tim agresif dari Rusia, mereka memilih untuk melawan iG untuk lawan pertamanya.

Tetapi, rencana mereka tidak berjalan lancar dan mereka dipaksa turun ke Lower Bracket karena telah dikalahkan oleh iG dengan skor 1-2. Dan karena mereka sudah berada di Lower Bracket, jalan satu-satunya untuk menuju Grand Final adalah mereka harus terus menang melawan tim-tim yang akan menghadang mereka untuk maji ke final, lawan pertama mereka di Lower Bracket adalah Team Secret, mereka kalah pada awal pertandingan, tetapi akhirnya mereka berhasil mengalahkan Team Secret dan maju melawan Team Empire yang berhasil mengalahkan tim EG pada pertandingan sebelumnya dan berhasil mengalahkan mereka dengan skor 2-0. Setelah berhasil menang melawan Team Liquid harus berhadapan dengan tim Virtus.pro, pertandingan berjalan sangat sengit dan sangat seru, kedua tim mengeluarkan semua kemampuan yang mereka miliki, setelah pertandingan yang sangat sengit, akhirnya Team Liquid berhasil memenangkan pertandingan.

Setelah itu mereka berhadapan dengan tim LGD dan menang setelah menunjukan kerjasama yang sangat baik dengan skor 2-0. Final TI7 sudah didepan mata, tinggal satu kemenangan lagi dan mereka akan maju ke Grand Final, tetapi hal tersebut tidak bisa diraih dengan usaha yang mudah, pertandingan final Liquid vs LFY di Lower Bracket ini tidak kalah seru dengan match melawan tim LGD, Kedua tim menunjukan kerjasama tim yang sangat luar biasa, kedua tim bersaing untuk bangku di Grand Final, dan tidak ada satu pun tim yang ingin memberikan bangku tersebut dengan mudah, pertandingan berlangsung sangat sengit, setelah berjam-jam bertanding untuk bangku final, akhirnya match tersebut dimenangkan oleh Team Liquid dengan skor 2-1.

Akhirnya, Team Liquid maju ke final dan akan melawan Newbee yang telah menunggu di Final. Grand Final match akhirnya dimulai, Team Liquid menunjukan kerjasama yang sangat solid dan Newbee sangat kualahan akan hal itu. Dan akhirnya, Team Liquid berhasil menjadi tim yang pertama kali memenangkan Grand Final dengan Skor 3-0 dan memenangkan hadiah uang 10.862.683 USD.

“As bearers of the ultimate symbol of victory in the struggle between Radiant and Dire, these names shall forever be inscribed upon the Aegis’ silver plaque:

2017
Team Liquid
Lasse “MATUMBAMAN” Urpalainen
Amer “Miracle-” Al-Barkawi
Ivan Borislavov “MinD_ContRoL” Ivanov
Maroun “GH” Merhej
Kuro “KuroKy” Salehi Takhasomi

Valve Dota Team”

Dan inilah Roster dari tim yang berhasil memenangkan The International 7.

  • Nama Player : KuroKyNama : Kuro Salehi Takhasomi
  • Tanggal Lahir : 28-10-1992
  • Asal Negara : Jerman
  • Nama Lain : kky, Kuro, secret,
  • Role(s) : Captain, Support
  • Approx Total Earnings : 3,479,074 USD
  • Pro Circuit Rank : #6 (900 points)
.
.
.
.
.
.
.

 

  • Nama Player : GH
  • Nama : Maroun Merhej
  • Tanggal Lahir : Unkown
  • Asal Negara : Lebanon
  • Nama Lain : GH-GOD, Gh
  • Role(s) : Support
  • Approx Total Earnings : 2,437,190 USD
  • Pro Circuit Rank : #6 (900 points)
.
.
.
.
.
.

  • Nama Player : Miracle-
  • Nama : Amer Al-Barqawi
  • Tanggal Lahir : 20-06-1997
  • Asal Negara : Jordan, Polandia
  • Nama Lain : –
  • Role(s) : Middle, Carry
  • Approx Total Earnings : 3,058,674 USD
  • Pro Circuit Rank : #6 (900 points)

 

 

 

 

 

  • Nama Player : MinD_ContRoL
  • Nama : Ivan Borislavov Ivanov
  • Tanggal Lahir : 20-01-1995
  • Asal Negara : Bulgaria
  • Nama Lain :Mind Control, MindControl, MC
  • Role(s) : Offlaner
  • Approx Total Earnings : 2,816,141 USD
  • Pro Circuit Rank : #6 (900 points)
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
  •  Nama Player : MATUMBAMAN
  • Nama : Lasse Aukusti Urpalainen
  • Tanggal Lahir : 03-03-1995
  • Asal Negara : Finland
  • Nama Lain :URPALAINEN, MASTURBAMAN
  • Role(s) : Middle, Carry
  • Approx Total Earnings : 2,819,286 USD
  • Pro Circuit Rank : #6 (900 points)
.
.
.
.
.
.
.

Dan berikut, inilah dokumentasi Team Liquid dalam pengejaran Piala Aegis 2017 yang diliput langsung secara resmi oleh tim mereka.

Episode 1

 Episode 2

3
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry